PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS ANDROID DENGAN BERLANDASKAN KONSEP ADIWIYATA UNTUK SMA/MA KELAS X PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI

Elia Sari, NIM.: 15670018 (2019) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS ANDROID DENGAN BERLANDASKAN KONSEP ADIWIYATA UNTUK SMA/MA KELAS X PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS ANDROID DENGAN BERLANDASKAN KONSEP ADIWIYATA UNTUK SMA/MA KELAS X PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI)
15670018_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS ANDROID DENGAN BERLANDASKAN KONSEP ADIWIYATA UNTUK SMA/MA KELAS X PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI)
15670018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Modul Kimia Berbasis Android dengan Berlandaskan Konsep Adiwiyata untuk SMA/MA Kelas X Pada Materi Pokok Stoikiometri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji karakteristik dan kelayakan produk modul kimia berbasis android dengan berlandaskan konsep Adiwiyata berdasarkan penilaian guru dan respon siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang dibatasi sampai tahap pengembangan (Development), dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Karakteristik produk ini ditinjau oleh ahli materi, ahli media, dan 3 peer reviewer. Kelayakan Modul Kimia berbasis Android dinilai oleh 3 guru kimia SMA dan direspon oleh 15 siswa. Instrumen penilaian kelayakan oleh guru kimia berupa angket dengan skala empat yang terdiri dari 4 aspek, yaitu aspek isi, keterlaksanaan, desain, dan teknis. Instrumen ini digunakan untuk mengetahui kelayakan produk. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui respon siswa berupa lembar respon skala guttman yang tediri dari 4 aspek, yaitu aspek ketertarikan, isi, keterlaksanaan, dan teknis. Karakteristik produk yang dikembangkan berupa aplikasi Modul Kimia Berbasis Android yang diakses secara offline, terdapat ringkasan materi, latihan soal, panduan praktikum, serta informasi tambahan tentang adiwiyata, dapat diinstal pada HandPhone versi Android, terdapat petunjuk untuk mempermudah penggunaan produk dan dilengkapi dengan video serta fitur penilaian berupa latihan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan menurut tiga guru kimia SMA di Klaten mendapatkan persentase keidealan sebesar 92,78% dengan kategori sangat baik (SB). Modul Kimia berbasis Android ini direspon secara pos

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khamidinal, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, ADDIE, Modul, Adiwiyata, Android.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jul 2022 09:16
Last Modified: 11 Jul 2022 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51851

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum