PERLINDUNGAN PRIVASI DATA KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF AL-MASLAHHAH AL-MURSALAH (STUDI KASUS JASA SERVIS TELEPON PINTAR DI KECAMATAN UMBULHARJO)

Mohamad Sidik Saprina, NIM.: 18103080037 (2022) PERLINDUNGAN PRIVASI DATA KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF AL-MASLAHHAH AL-MURSALAH (STUDI KASUS JASA SERVIS TELEPON PINTAR DI KECAMATAN UMBULHARJO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PERLINDUNGAN PRIVASI DATA KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF AL-MAṢLAḤAH AL-MURSALAH (STUDI KASUS JASA SERVIS TELEPON PINTAR DI KECAMATAN UMBULHARJO))
18103080037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN PRIVASI DATA KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF AL-MASLAHHAH AL-MURSALAH (STUDI KASUS JASA SERVIS TELEPON PINTAR DI KECAMATAN UMBULHARJO))
18103080037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Beraneka macam merk telepon pintar membuat para pemilik yang mempunyai masalah atau kerusakan di perangkatnya perlu selektif dalam memilih tempat penyedia jasa servis telepon pintar. Setiap tempat servis tidak semuanya bisa mengatasi permasalahan dan kerusakan yang terjadi pada telepon pintar konsumen. Dan setiap penyedia jasa servis telepon pintar juga terkadang tidak amanah dalam mengerjakan tugasnya memperbaiki masalah atau kerusakan telepon pintar konsumennya. Ancaman penyalahgunaan kewenangan ini seperti membuka, melihat, menyimpan, menyebarkan, dan menjual data ataupun data digital yang berhubungan dengan privasi konsumennya. Tindakan mengotak-atik telepon pintar tanpa memperoleh izin pemilik telepon pintar merupakan hal melampaui batas dari seorang teknisi dan dilarang. Dalam hal ini peneliti mengkaji terkait praktik akad jasa servis serta perlindungan privasi data konsumen dalam perspektif al-maṣlaḥah al-mursalah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan normatif empiris. Sedangkan metode analisis data menggunakan deksripsi kualitatif. Dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa praktik akad jasa servis telepon pintar di Kecamatan Umbulharjo termasuk dalam klasifikasi maslahah hajjiyat, yang pada prinsipnya adalah mubah karena dalam praktiknya kedua belah pihak secara umum telah sesuai rukun dan syarat akad, yang meliputi aqidain (dua orang yang berakad), ma’qud ‘alaih (objek akad), shighat (ucapan). Proses servis antara pemilik telepon pintar dan teknisi perlu memperhatikan adanya data-data pribadi pemilik telepon yang terdapat hak didalamnya seperti rincian kontak, informasi pribadi, preferensi, dan data digital lainnya yang tidak boleh dilanggar. Dalam perspektif al-maṣlaḥah al-mursalah proses pelaksananan akad perlu memperhatikan lima pokok maṣlahah untuk sampai pada konsep tujuan maqāṣid al-syarī’ah seperti memelihara agama (hifdzl-din), jiwa (hifdz al-nafs), akal (hifdzal-aql), keturunan (hifdz nasl) dan harta (hifdz al-mall). Hal ini untuk merumuskan hukum-hukum Islam dalam praktiknya dapat dijadikan landasan hukum serta dapat diaplikasikan dalam akad semacam ini selagi tidak melenceng dari tujuan-tujuan yang terkandung dalam al-Qur’an dan Hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Syafaul Mudawam, MA., MM
Uncontrolled Keywords: Privasi Data Konsumen, Teknisi Telepon Pintar, Al-Maṣlaḥah Al-Mursalah, Akad
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 12 Jul 2022 13:53
Last Modified: 01 Aug 2022 15:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51857

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum