INTEGRASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DENGAN RELIGIUSITAS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING PADA GENERASI MILENIAL NASABAH PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Zanuba Qothrun Nada, NIM.: 20208011026 (2022) INTEGRASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DENGAN RELIGIUSITAS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING PADA GENERASI MILENIAL NASABAH PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DENGAN RELIGIUSITAS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING PADA GENERASI MILENIAL NASABAH PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA)
20208011026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DENGAN RELIGIUSITAS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING PADA GENERASI MILENIAL NASABAH PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA)
20208011026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi generasi milenial dalam menggunakan mobile banking bank syariah pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dengan mengintegrasikan dua faktor eksternal yaitu religiusitas dan peran kepercayaan sebagai variabel mediasi. Model yang dibangun dalam penelitian ini mencakup tiga variabel independen, satu variabel mediasi dan dua variabel dependen. Variabel persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan religiusitas berperan sebagai variabel independen. kepercayaan sebagai variabel mediasi. Selanjutnya, variabel sikap dan niat berperan sebagai variabel dependen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode structural equation modeling (SEM) pendekatan partial least square (PLS). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner menggunakan skala likert lima pilihan alternatif jawaban. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam mengambil sampel dan diperoleh sampel sebanyak 185 responden. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan bantuan software SmartPLS 3. Hasil pengujian menunjukkan hasil yang bervariasi. Dari 7 pengaruh langsung yang diuji, terdapat 4 hubungan yang berpengaruh signifikan yaitu persepsi manfaat dan kepercayaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap sikap, serta religiusitas dan sikap memiliki pengaruh positif signifikan terhadap niat. Sementara terdapat 3 hubungan yang tidak signifikan diantaranya persepsi kemudahan penggunaan dan religiusitas tidak memiliki pengaruh terhadap sikap, serta kepercayaan tidak berpengaruh terhadap niat. Selanjutnya dari 2 pengaruh secara tidak langsung yang diuji, terdapat 1 hubungan yang signifikan yaitu variabel kepercayaan mampu berperan sebagai mediator hubungan antara religiusitas dengan sikap, sedangkan kepercayaan tidak memediasi hubungan antara religiusitas terhadap niat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Joko Setyono, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Niat, Generasi Milenial, Mobile Banking, TAM, SEM
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 12 Jul 2022 14:31
Last Modified: 12 Jul 2022 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51872

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum