PERAN PEREMPUAN DALAM MENJAGA LINGKUNGAN MELALUI BANK SAMPAH (STUDI PADA BANK SAMPAH DHUAWAR SEJAHTERA, DUSUN KROCO, DESA SENDANGSARI, PENGASIH, KULON PROGO )

Dewiristiani, NIM.: 14720015 (2019) PERAN PEREMPUAN DALAM MENJAGA LINGKUNGAN MELALUI BANK SAMPAH (STUDI PADA BANK SAMPAH DHUAWAR SEJAHTERA, DUSUN KROCO, DESA SENDANGSARI, PENGASIH, KULON PROGO ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEREMPUAN DALAM MENJAGA LINGKUNGAN MELALUI BANK SAMPAH (STUDI PADA BANK SAMPAH DHUAWAR SEJAHTERA, DUSUN KROCO, DESA SENDANGSARI, PENGASIH, KULON PROGO ))
14720015_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEREMPUAN DALAM MENJAGA LINGKUNGAN MELALUI BANK SAMPAH (STUDI PADA BANK SAMPAH DHUAWAR SEJAHTERA, DUSUN KROCO, DESA SENDANGSARI, PENGASIH, KULON PROGO ))
14720015_BAB II_S.D._SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sampah terutama sampah plastik masih menjadi masalah di dunia. Indonesia termasuk dalam negara penghasil sampah terbanyak di dunia yaitu berkisar 3,22 juta ton pertahun. Kabupaten Kulon Progo sendiri memiliki potensi sampah rumah tangga sekita 60.765,2 ton pertahun. Jumlah tersebut diperkirakan akan mengalami peningkatan seiring dengan mulai beroprasinya Yogyakarta International Airport (YIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Pada awal beroprasinya, YIA sudah menyumbang sampah ke TPAS Banyuroto, Nanggulan Sejumlah 24 ton dalam sehari. Perkiraan peningkatan sampah juga akan bertambah seiring meningkatnya laju ekonomi di wilayah Kulon Progo seiring beroprasinya YIA. Masalah tersebut memicu pemikiran masyarakat lokal akan pentingnya pengelolaan sampah agar tidak merugikan bagi lingkungan dan kehidupan. Pemikiran tersebut memberikan kesempatan yang luas bagi perempuan untuk ikut andil dalam bidang lingkungan, di mana salah satunya adalah pentingnya peran perempuan untuk turut serta dalam menjaga lingkungan. Perempuan di Dusun Kroco, Desa Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo yang tergabung dalam Bank Sampah Dhuawar Sejahtera telah melakukan berbagai macam upaya dalam menjaga lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara mendalam peran perempuan dalam menjaga lingkungan melalui Bank Sampah Dhuawar Sejahtera. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ekofeminisme yang dipelopori oleh Vandhana Shiva. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengambilan data melalui Bank Sampah obervasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisa data melalui proses tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data dan sumber data. Subjek dalam penelitian ini adalah para perempuan yang tergabung dalam Bank Sampah Dhuawar Sejahtera, sedangkan narasumber berjumlah 7 orang yang meliputi dari aparat pemerintahan Desa Sendangsari, direktur, pengurus, dan nasabah Bank Sampah Dhuawar Sejahtera. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa peran perempuan dalam menjaga lingkungan melalui Bank Sampah Dhuawar Sejahtera meliputi peran sebagai penggerak bank sampah, ibu rumah tangga, pekerja, dan warga masyarakat. Pergerakan perempuan peduli sampah yang pertama adalah mengurangi produksi sampah seperti sampah dari penggunaan kosmetik dengan bahan berbahaya, detergen dan sabun, serta plastik. Kegiatan yang kedua yaitu pemilahan sampah sejak dari sumber sampah, mengubah sampah menjadi rupiah, pengolahan sampah yang tidak dapat dijual, daur ulang sampah. Kegiatan yang ketiga adalah penanaman lahan tandus, warung hidup di pekarangan rumah, gropyok sampah untuk menciptakan lingkungan yang bersih, pelatihan internal dan ke luar Bank Sampah Dhuawar Sejahtera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Napsiah, .S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Lingkungan, Bank Sampah
Subjects: Gender
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jul 2022 10:00
Last Modified: 12 Jul 2022 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51880

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum