PENGEMBANGAN TARIAN KREASI ZAPIN “SERUMPUN SEBALAI” UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (USIA 5-6 TAHUN)

Sofia Rizki Julianti S.Pd., NIM.: 20204031022 (2022) PENGEMBANGAN TARIAN KREASI ZAPIN “SERUMPUN SEBALAI” UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (USIA 5-6 TAHUN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN TARIAN KREASI ZAPIN “SERUMPUN SEBALAI” UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (USIA 5-6 TAHUN))
20204031022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN TARIAN KREASI ZAPIN “SERUMPUN SEBALAI” UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (USIA 5-6 TAHUN))
20204031022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan sosial emosional pada masa usia 5-6 tahun adalah periode terbaik bagi anak untuk belajar mengembangkan kemampuan sosialisasi dan mengekspresikan emosi secara positif. Melalui pembelajaran seni tari yang secara langsung menggunakan tubuh manusia sebagai medianya, penggunaan gerak dalam tari merupakan bentuk refleksi dan ekspresi fisik yang dapat diekspresikan oleh anak-anak, yang memiliki makna dan keindahan. Tujuan penelitian untuk menghasilkan pengembangan Tarian Kreasi Zapin “Serumpun Sebalai” untuk meningkatkan perilaku sosial emosional anak usia dini (Usia 5-6 Tahun). Metode penelitian menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research & Development) model Sugiyono, dengan pendetakan metode Pre- Experimental Designs (One Group Pretest Posttest Design) dengan dua jenis data yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Populasi adalah peserta didik kelas B (Usia 5- 6 Tahun) di TK Negeri Pembina 2 Pangkalpinang. Sampel 18 anak yang diambil secara Sampling Sistematis. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket, diolah menggunakan uji Paired Sample T Test. Hasil penilaian kelayakan produk, secara keseluruhan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,9 masuk kriteria sangat baik, maka dapat disimpulkan bahwa media pengembangan ini sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran anak usia dini. Hasil efektifitas dari penggunaan media pengembangan untuk meningkatkan perilaku sosial emosional anak, yaitu: nilai rata-rata anak saat pretest sebesar 36,81 dan nilai posttest sebesar 48,93 memiliki selisih kedua nilai rata-rata tersebut sebesar 12,12, yang berarti ada peningkatan dari nilai rata-rata anak sesudah menggunakan produk pengembangan. Berdasarkan hasil ujian Paired Sampel T Test menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa media pengembangan Tarian Kreasi Zapin “Serumpun Sebalai” efektif untuk meningkatkan perilaku sosial emosional anak usia dini (usia 5-6 tahun).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Na’imah, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Tarian Kreasi Zapin “Serumpun Sebalai”, Sosial emosional, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 12 Jul 2022 14:56
Last Modified: 12 Jul 2022 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51886

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum