MODEL PENYELESAIAN WANPRESTASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEBERLANGSUNGAN BMT AGAM MADANI DI KECAMATAN IV KOTO: PERSPEKTIF MAQᾹṢID ASY-SYARI'AH

Riska Fauziah Hayati, S.H., NIM.: 20203011067 (2022) MODEL PENYELESAIAN WANPRESTASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEBERLANGSUNGAN BMT AGAM MADANI DI KECAMATAN IV KOTO: PERSPEKTIF MAQᾹṢID ASY-SYARI'AH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PENYELESAIAN WANPRESTASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEBERLANGSUNGAN BMT AGAM MADANI DI KECAMATAN IV KOTO: PERSPEKTIF MAQᾹṢID ASY-SYARI'AH)
20203011067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENYELESAIAN WANPRESTASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEBERLANGSUNGAN BMT AGAM MADANI DI KECAMATAN IV KOTO: PERSPEKTIF MAQᾹṢID ASY-SYARI'AH)
20203011067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang model penyelesaian wanprestasi dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan BMT Agam Madani di Kecamatan IV Koto, perspektif maqāṣid asy-Syarī„ah Jasser Auda. Penelitian ini berangkat dari banyaknya BMT Agam Madani yang sudah gulung tikar, dari yang awalnya berjumlah 82 BMT, saat ini tidak lebih dari setengah BMT yang masih beroperasi. Hal ini disebabkan karena banyaknya anggota yang wanprestasi dan tidak dapat terselesaikan. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini ingin melihat bagaimana model penyelesaian wanprestasi di BMT Agam Madani Kecamatan IV Koto dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan BMT Agam Madani di Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun untuk menjawab pertanyaan penelitian, penulis menggunakan pendekatan maqāṣid asy-Syarī„ah Jasser Auda yang dikembangkan dengan pendekatan sistem (system approach). Penulis menganalisis apakah tepat atau tidak model penyelesaian wanprestasi yang dilakukan oleh BMT Agam Madani terhadap keberlangsungan BMT tersebut. Tesis ini menggunakan metode kualitatif, adapun dalam pengumpulan data primer penulis melakukan observasi dan wawancara. Sementara data sekunder penulis peroleh dari berbagai sumber lain guna melengkapi kebutuhan penelitian. Penelitian ini dilakukan di BMT Agam Madani Kecamatan IV Koto, yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan maqāṣid asy-Syarī„ah Jasser Auda yang dikembangkan melalui enam fitur pendekatan sistem, penggunaaan sistem simpanan pembiayaan dengan pendekatan adat dan agama sudah sesuai dengan prinsip maqāṣid asy-Syarī„ah dan tidak bertentangan dengan peraturan terkait. Dari semua pendekatan sistem dan perluasan jangkauan maqāṣid asy-Syarī„ah Jasser Auda, ditemukan bahwa sistem penyelesaian dengan cara ini bertujuan untuk mewujudkan kemaslahatan dan menghindari kemudaratan. Penyelesaian wanprestasi dengan sistem ini bertujuan untuk penyelamatan pembiayaan yang bermasalah, meningkatkan kesadaran anggota, menjaga dan menjalin silaturrahmi, menghindari biaya tambahan seperti denda dan eksekusi jaminan, memperkecil angsuran anggota agar mampu melunasi pembiayaannya, mewujudkan kesejahteraan anggota, mendorong anggota untuk meningkatkan usahanya agar berjalan dengan baik, penurunan tingkat wanprestasi, dan penyelamatan agar BMT tetap dapat beroperasional. Maka sistem ini bertujuan untuk menjaga harta, baik harta anggota (debitur dan kreditur), BMT, dan perekonomian umat secara luas. Dan ini juga berkaitan dengan menjaga akal, jiwa-raga, kehormatan dan keluarga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Wanprestasi, Simpanan Pembiayaan, Keberlangsungan BMT, Maqāṣid asy-Syarī„ah
Subjects: Ilmu Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 12 Jul 2022 14:58
Last Modified: 12 Jul 2022 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51890

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum