IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI PROGRAM POJOK BACA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA 1 BANGUNTAPAN

Lahin Hariyyuna, NIM.: 15410124 (2019) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI PROGRAM POJOK BACA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA 1 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI PROGRAM POJOK BACA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA 1 BANGUNTAPAN)
15410124 BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA - Copy.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI PROGRAM POJOK BACA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA 1 BANGUNTAPAN)
15410124 BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan di dunia pendidikan saat ini ialah rendahnya minat baca peserta didik, terutama dalam hal membaca bacaan menyangkut pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu sebagian dari pihak sekolah di indonesia mengimplementasikan gerakan literasi sekolah.. Seperti program yang di implementasikan oleh pihak sekolah SMA 1 Banguntapan dengan mengadakan program pojok baca pada setiap mata pelajaran. Sehingga, perlu adanya penelitian mengenai implementasi gerakan literasi sekolah melalui program pojok baca untuk meningkatkan minat baca peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari gerakan literasi melalui program pojok baca, apa faktor penghambat dan pendukungnya serta apa hasil dari implementasi gerakan literasi sekolah melalui program pojok baca untuk meningkatkan minat baca peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA 1 Banguntapan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara mendalam, observasi non pasrtisipan dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan 3 teknik. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Implementasi gerakan literasi sekolah melalui program pojok baca yakni adanya program pembiasan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, kemudian adanya program tadarus Alquran yang dilakukan oleh seluruh peserta didik setiap paginya, adanya pojok baca disetiap sudut kelas.(2) Faktor Pendukungnya: adanya program penunjang yakni pojok baca, dukungan dari pihak sekolah yang menyediakan sarana dan prasarana yang memadai seperti koleksi buku yang beragam, tempat membaca yang nyaman, ruangan yang luas, serta dukungan dan motivasi dari guru. Faktor penghambatnya: dari para guru sendiri yang kurang peduli dan perhatian dengan adanya program ini serta beberapa peserta didik yang kurang berminat untuk mengunjungi dan membaca buku yang sudah tersedia.(3) Hasil yang didapatkan, yakni:(a) Perubahan dalam kehidupan beragamanya, peserta didik menjadi lebih tawadhu’ dan rajin dalam melakukan ibadah setip harinya.(b) Dapat meningkatkan daya kreativitas peserta didik (c) Peserta didik mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas. (d) Meningkatkan minat baca peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Rofik, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah, Pojok Baca, dan Minat Baca
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Literasi Informasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jul 2022 11:32
Last Modified: 12 Jul 2022 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51895

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum