PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PAI DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Muhammad Fahmi Jazuli, NIM.: 19204012012 (2022) PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PAI DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PAI DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA)
19204012012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PAI DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA)
19204012012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 merubah bidang pendidikan, sehingga membuat kementrian pendidikan membuat keputusan agar semua sekolah melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), hal ini membuat semua warga sekolah mengalami suatu kondisi baru dimana pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan offline berubah menjadi pembelajaran online. Guru yang profesional dengan etos kerja yang baik juga pasti bingung mencari media, metode, strategi, dan teknik yang cocok dilaksanakan saat PJJ, problem ini yang membuat penulis ingin teliti bagaimana cara mereka tetap mengembangkan profesionalisme dan meningkatkan etos kerjanya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis proses pengembangan profesionalisme guru PAI melalui peningkatan etos kerja pada pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 4 Yogyakarta. (2)Mendeskripsikan faktor yang mendukung dan yang menghambat dalam meningkatkan etos kerja pada pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Proses pengembangan profesionalisme guru PAI melalui program-program pengembangan profesionalisme guru yaitu: penilaian kinerja guru, supervisi, in house training, pengembangan keprofesian berlanjutan, penelitian tindakan kelas, monitoring dan evaluasi. Selain program-program tersebut pengembangan profesionalisme guru PAI melalui semangat pribadi untuk berkembang dalam hal ilmu pengetahuan dengan membaca buku dan menonton video yang berkaitan dengan mata pelajaran maupun membaca berita atau artikel-artikel terkini guna menunjang pembelajaran berbasis HOTS. Kedua, Faktor Pendukung dalam pengembangan profesionalisme guru PAI dalam meningkatkan etos kerja pada pembelajaran jarak jauh di SMAN 4 Yogyakarta adalah Kesadaran dalam mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan guru dan semangat dalam diri, adanya fasilitas yang disediakan oleh sekolah, peran tutor sebaya, aktifnya MGMP. Sedangkan faktor penghambatnya adalah signal internet yang buruk, kuota yang sangat minim, distraksi dari lingkungan sekitar, dan adanya program yang tidak terlaksana.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sedya Santosa, SS, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Etos Kerja, Pembelajaran Jarak Jauh.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 12 Jul 2022 15:11
Last Modified: 12 Jul 2022 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51901

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum