JAMINAN KEHILANGAN PEKERJAAN DAMPAK COVID-19 DALAM PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 37 TAHUN 2021 TENTANG PROGRAM PENYELENGGARAAN JAMINAN KEHILANGAN PEKERJAAN PERSPEKTIF MAQAṢID AL-SYARI’AH

Hanizar Meda Simbolon, NIM.: 20203011031 (2022) JAMINAN KEHILANGAN PEKERJAAN DAMPAK COVID-19 DALAM PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 37 TAHUN 2021 TENTANG PROGRAM PENYELENGGARAAN JAMINAN KEHILANGAN PEKERJAAN PERSPEKTIF MAQAṢID AL-SYARI’AH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JAMINAN KEHILANGAN PEKERJAAN DAMPAK COVID-19 DALAM PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 37 TAHUN 2021 TENTANG PROGRAM PENYELENGGARAAN JAMINAN KEHILANGAN PEKERJAAN PERSPEKTIF MAQAṢID AL-SYARI’AH)
20203011031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (JAMINAN KEHILANGAN PEKERJAAN DAMPAK COVID-19 DALAM PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 37 TAHUN 2021 TENTANG PROGRAM PENYELENGGARAAN JAMINAN KEHILANGAN PEKERJAAN PERSPEKTIF MAQAṢID AL-SYARI’AH)
20203011031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bertambahnya angka penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat, pemerintah mengambil kebijakan dengan adanya pembatasan sosial berskala besar. Salah satu sektor usaha yang terdampak adalah sektor industri dimana banyak pabrik gulung tikar serta mengalami kerugian dan pekerja/buruh mengalami pemutusan hubungan kerja akibat pendapatan perusahaan yang menurun dan tidak cukup menutup biaya produksi. Undang-Undang Cipta Kerja dalam konsiderannya disusun dengan tujuan meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan pekerja/buruh dengan melakukan perluasan program jaminan dan bantuan sosial yang manfaatnya dapat dirasakan oleh semua pekerja/buruh dan keluarganya. Bentuk perluasan program jaminan sosial dalam UU Cipta Kerja adalah yang disebut dengan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan yang ditujukan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak pada saat pekerja/buruh kehilangan pekerjaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan sifat penelitian deskriptif analisis dan menggunakan pendekatan yuridis normatif. Bahan hukum primer yang digunakan yaitu aturan tentang program penyelenggaraan jaminan kehilangan pekerjaan dampak covid-19, dan bahan hukum sekunder yang digunakan yaitu buku, jurnal atau karya tulis ilmiah dan yang lainnya yang dapat memberikan penjelasan mengenai bahan hukum primer. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik analisis kualitatif dengan menggunakan teori Maqāṣid al-Syarī’ah untuk menjawab masalah dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa JKP merupakan Sistem Jaminan Sosial Nasional di Indonesia tidak hanya dengan mengatasi permasalahan tidak adanya jaminan sosial bagi pekerja/buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja, melainkan juga membawa perubahan pada penyelenggaraan programprogram jaminan sosial yang menjadi komplementer satu sama lain serta memberikan manfaat tidak langsung lainnya terhadap efektivitas fungsi pengawasan sebagai konsekuensi dari pengelolaan data jaminan sosial yang terintegrasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Siti Fatimah, S.H., M. Hum
Uncontrolled Keywords: Jaminan Sosial, Pemutusan Hubungan Kerja dan Maqāṣid al- Syarī’ah.
Subjects: Ilmu Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 12 Jul 2022 15:12
Last Modified: 12 Jul 2022 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum