PERAN KEGIATAN MUḤAḌARAH DALAM MELATIH KECERDASAN LINGUISTIK DAN SELF CONFIDENCE DI SD ISLAM PONDOK MODERN AR-RISALAH PONOROGO

Finy Fitriani, NIM.: 20204081022 (2022) PERAN KEGIATAN MUḤAḌARAH DALAM MELATIH KECERDASAN LINGUISTIK DAN SELF CONFIDENCE DI SD ISLAM PONDOK MODERN AR-RISALAH PONOROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEGIATAN MUḤAḌARAH DALAM MELATIH KECERDASAN LINGUISTIK DAN SELF CONFIDENCE DI SD ISLAM PONDOK MODERN AR-RISALAH PONOROGO)
20204081022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEGIATAN MUḤAḌARAH DALAM MELATIH KECERDASAN LINGUISTIK DAN SELF CONFIDENCE DI SD ISLAM PONDOK MODERN AR-RISALAH PONOROGO)
20204081022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan linguistik dan rasa percaya diri pada siswa sekolah dasar perlu dilatih dan dikembangkan, salah satunya melalui kegiatan muḥaḍarah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan muḥaḍarah dalam melatih kecerdasan linguistik dan self confidence siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah Ponorogo; 2) mendeskripsikan peran kegiatan muḥāḍarah dalam melatih kecerdasan linguistik dan self confidence siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah Ponorogo; 3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan muḥāḍarah dalam melatih kecerdasan linguistik dan self confidence siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan juga angket sebagai data pendukung penelitian. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yang kemudian dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan pada tahap terakhir ialah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan muḥaḍarah yang dilaksanakan dua kali dalam sebulan oleh siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah berperan penting dalam melatih kecerdasan linguistik dan self confidence (percaya diri) siswa. Dalam kegiatan tersebut kemampuan berbahasa siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah sebagian kecil sudah terlihat bagus, namun masih banyak pula yang belum. Sedangkan sikap percaya diri mereka dalam kegiatan muḥaḍarah keseluruhan sudah tergolong bagus. Hal ini dibuktikan pula dengan perolehan hasil angket sebagai data pendukung mengenai percaya diri siswa kelas V pada kegiatan muḥāḍarah sebesar 72,37% berada pada ketegori baik. Namun kegiatan muḥaḍarah yang dilaksanakan siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat kegiatan. Adapun faktor pendukung antara lain: 1) pembimbing muḥāḍarah ustaẓ/ustaẓah dan santri kelas V KMI; 2) Miliu pondok modern yang berbahasa Indonesia; 3) Pembelajaran di dalam kelas sudah ada pelajaran Ḥadīṣ, xiv Mahfuzot, Tafsir yang dapat mendukung dalam penyampaian ayat dalam teks pidato; 4) Contoh-contoh berpidato dari kakak kelas maupun pembimbing yang didapatkan secara continue. Sedangkan faktor penghambatnya ialah: 1) Tidak muncul jiwa kompetisi, dan 2) Pembimbing muḥaḍarah yang berganti-ganti di setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Muḥaḍarah, Kecerdasan Linguistik, Self Confidence (Percaya Diri)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 12 Jul 2022 15:14
Last Modified: 12 Jul 2022 15:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51913

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum