EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA TINGKAT MI/SD SANGGAR GENIUS

Nafi’ Mukharomah, NIM.: 17204080038 (2019) EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA TINGKAT MI/SD SANGGAR GENIUS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA TINGKAT MI/SD SANGGAR GENIUS)
17204080038_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA TINGKAT MI/SD SANGGAR GENIUS)
17204080038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

binaan mengalami penurunan yang disebabkan karena berbagai faktor. Kedua, bahan ajar berupa modul matematika yang digunakan belum berjalan sesuai rencana karena idealnya anak-anak membaca contoh langsung dapat mengerjakan tapi pada kenyataannya belum. Ketiga, program bimbingan belajar Sanggar GENIUS tidak memberlakukan sistem persamaan materi dalam pembelajaran matematika sehingga ada beberapa anak yang minder dengan kemampuannya. Adanya fakta-fakta yang muncul di lapangan tentu perlu dikaji sejauhmana pencapaian hasil program bimbingan belajar matematika melalui evaluasi program. Model evaluasi program yang digunakan peneliti adalah model CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode Penelitian ini adalah kualitatif jenis penelitian evaluatif. Subjek dalam penelitian adalah kepala cabang Yatim Mandiri Yogyakarta, staf program GENIUS, supervisor GENIUS, guru GENIUS yang mengajar di sanggar, sebagian koordinator sanggar dan sebagian anak yang mengikuti bimbingan belajar matematika di sanggar GENIUS Yatim Mandiri Yogyakarta. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi yang dimulai dari reduksi data, penyajian data sampai pada penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari komponen konteks dengan sub komponennya antara lain tujuan program, sasaran program, dukungan wali murid, kondisi lingkungan dan analisis kebutuhan sudah banyak yang sesuai rencana program. Ditinjau dari komponen input kapasitas anak binaan, guru GENIUS, kurikulum GENIUS, bahan ajar, sumber daya manusia yang terlibat, sarana dan prasarana, serta pemanfaatan dana sudah banyak yang sesuai dengan kriteria program Sanggar GENIUS. Ditinjau dari evaluasi proses, terealisasinya berbagai kegiatan dalam program mulai dari pengklasifikasian anak binaan, teknis pelaksanaan program, model pembelajaran matematika yang digunakan, media pembelajaran, monitoring pelaksanaan program, evaluasi bulanan bagi guru GENIUS, dan upgreading guru GENIUS menunjukkan tidak ada penyimpangan yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait, namun masih ada beberapa indikator yang belum sesuai rencana. Ditinjau dari komponen produk, hasil belajar matematika anak binaan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Pembelajaran Matematika
Subjects: Bimbingan Konseling
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jul 2022 15:28
Last Modified: 12 Jul 2022 15:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51915

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum