PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE

Lisana Indah, NIM.: 13600008 (2019) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE)
13600008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE)
13600008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan pengaruh antara penerapan pembelajaran konvensional, pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL), dan pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan model kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; 2) Perbedaan pengaruh antara pembelajaran konvensional, pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL), dan pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan model kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) terhadap peningkatan self confidence siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran Pendekatan PBL dan TPSq serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika dan self confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 15 Yogyakarta, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII F, G dan H. Data yang dianalisis berupa N-gain kemampuan pemecahan masalah matematika dan gain self confidence. Teknik analisis data kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan statistik parametrik One Way Anova yang dilanjutkan dengan uji Tukey HSD, sedangkan teknik analisis data self confidence menggunakan statistik nonparametrik yaitu Kruskall Wallis yang dilanjutkan dengan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pembelajaran dengan pendekatan PBL dengan TPSq memberikan pengaruh lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dan pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan TPSq memberikan pengaruh yang sama terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika, dan pembelajaran menggunakan pendekatan PBL memberikan pengaruh yang sama dengan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika; 2) Pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan TPSq memberikan pengaruh yang lebih baik dari pada pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan self confidence. Pembelajaran dengan pendekatan PBL memberikan pengaruh yang sama dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan self confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: PBL, TPSq, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self Confidence
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jul 2022 12:06
Last Modified: 13 Jul 2022 12:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51932

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum