EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DENGAN METODE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP/MTs

Esti Kurniawati, NIM.: 14600014 (2019) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DENGAN METODE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DENGAN METODE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP/MTs)
14600014_BAB-I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DENGAN METODE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP/MTs)
14600014_BAB-II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah pendekatan PMRI dengan metode Jigsaw lebih efektif daripada pembelajaran secara konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui apakah pendekatan PMRI dengan metode Jigsaw lebih efektif daripada pembelajaran secara konvensional terhadap self-efficacy siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variable bebas yaitu pendekatan PMRI dengan metode Jigsaw serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitiannya adalah kelas VIII D dan VIII F. Instrumen penelitian ini adalah soal pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah, prescale-postscale self-efficacy, RPP dan LKS. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dengan metode Jigsaw lebih efektif daripada pembelajaran secara konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dengan metode Jigsaw tidak lebih efektif daripada pembelajaran secara konvensional terhadap self-efficacy siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: PMRI, Jigsaw, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-Efficacy.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jul 2022 12:25
Last Modified: 13 Jul 2022 12:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51935

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum