EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA

Rizqi Pramudigtya Wibowo, NIM.: 15600050 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA)
15600050_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA)
15600050_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Teams Games Tournament dengan kancing gemerincing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Teams Games Tournament dengan kancing gemerincing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu model pembelajaran Teams Games Tournament dengan kancing gemerincing dan variavel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dan keaktifan siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Gunungkidul tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pretest-posttest kemampuan komunikasi matematis siswa, prescale-postscale keaktifan siswa, dan RPP. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji parametrik uji-t untuk kemampuan komunikasi matematis dan uji non-parametrik Mann Whitney untuk keaktifan siswa. Analisis data dilakukan melalui software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dengan kancing gemerincing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dengan kancing gemerincing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Kancing Gemerincing, Kemampuan Komunikasi Matematis, Keaktifan
Subjects: Komunikasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jul 2022 14:25
Last Modified: 13 Jul 2022 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51936

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum