IMPLEMENTASI PROGRAM MUHADATSAH YAUMIYYAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs TERPADU DARUL MUTTAQIN BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2019/2020

Gimas Avivi Rikatama, NIM.: 15420075 (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM MUHADATSAH YAUMIYYAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs TERPADU DARUL MUTTAQIN BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM MUHADATSAH YAUMIYYAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs TERPADU DARUL MUTTAQIN BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2019/2020)
15420075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM MUHADATSAH YAUMIYYAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs TERPADU DARUL MUTTAQIN BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2019/2020)
15420075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan program muhadatsah yaumiyyah di kelas VIII, dan problematika dalam proses pelaksanaan program muhadatsah yaumiyyah beserta solusinya di kelas VIII MTs Terpadu Darul Muttaqin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan latar di kelas VIII MTs Terpadu Darul Muttaqin Tegal. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII, dan tenaga pendidikan MTs Terpadu Darul Muttaqin. Metode analisis data kualitatif menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pelaksanaan program Muhadatsah yaumiyyah di kelas VIII cukup baik, dengan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Evaluasi pembelajaran Muhadatsah dilakukan dengan cara evaluasi proses belajar dan evaluasi hasil belajar (2) Adapun problematika dalam proses pembelajaran Muhadatsah yaumiyyah yaitu kurangnya minat dan motivasi peserta didik dalam mempelajari bahasa Arab, masih banyak tenaga pendidik yang belum menguasai bahasa Arab, penggunaan metode yang monoton, waktu yang terlalu singkat dan media masih kurang mendukung (3) Adapun solusi yang dilakukan dalam menghadapi problematika pembelajaran Muhadatsah yaumiyyah yaitu memberikan motivasi lebih kepada peserta didik dan memberikan hukuman bagi peserta didik yang tidak menggunakan bahasa Arab, mengenalkan sedikit demi sedikit kosa kata bahasa Arab kepada tenaga pendidik yang belum menguasai bahasa Arab, mengadakan program lain yang menopang pembelajaran Muhadatsah, memperbarui metode dan meningkatkan media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: implementasi, pembelajaran, muhadatsah, keterampilan berbicara, bahasa arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 14 Jul 2022 09:34
Last Modified: 14 Jul 2022 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51940

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum