Listya Indah, NIM.: 14600015 (2019) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DENGAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DENGAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP/MTs)
14600015_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DENGAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP/MTs)
14600015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dengan metode STAD lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap pemecahan masalah. Penelitian ini juga untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dengan metode STAD lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap self-efficacy yang dimiliki siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pendekatan PMRI dengan metode STAD serta variabel terikat yaitu pemecahan masalah dan self-efficacy siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII F dan VIII I. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah dan prescale-postscale self-efficacy, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t’ (t aksen) dengan bantuan software SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dengan metode STAD lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap pemecahan masalah. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dengan metode STAD tidak lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap self-efficacy siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Suparni, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | PMRI, STAD, Pemecahan Masalah, Self-efficacy |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 13:49 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 13:49 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51943 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |