IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION DENGAN TIME TOKEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

Nurussani Kharisah, NIM.: 14600017 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION DENGAN TIME TOKEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION DENGAN TIME TOKEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA)
14600017_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION DENGAN TIME TOKEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA)
14600017_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan keaktifan siswa dengan mengimplementasikan pembelajaran problem based learning melalui metode group investigation dengan time token. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D MTs Negeri 7 Bantul semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran problem based learning melalui metode group investigation dengan time token. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar tes, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction, data display dan conclusion. Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran problem based learning melalui metode group investigation dengan time token dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan keaktifan siswa. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah dari pra tindakan sebesar 39,40, pada siklus 1 meningkat mencapai 53,20 dan peningkatan pada siklus 2 mencapai 70,00 serta sudah dalam kategori baik. Sedangkan rata-rata persentase keaktifan belajar dari pra tindakan sebesar 55,43%, pada siklus 1 meningkat mencapai 71,64%,dan peningkatan pada siklus 2 mencapai 81,73% dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suparni, S.Pd. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Problem Based Learning, Metode Group Investigation,Time Token, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Keaktifan Siswa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jul 2022 13:54
Last Modified: 13 Jul 2022 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51944

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum