Tsalits Mir Atul Ummah, NIM.: 14600023 (2019) EFEKTIVITAS MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA)
14600023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
Text (EFEKTIVITAS MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA)
14600023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) serta variabel terikat yaitu kemampuan penalaran matematis dan self-confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Ma’had An Nur, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII C dan VIII D. Kelas VIII D dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan treatment berupa pembelajaran dengan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Kelas VIII C dijadikan sebagai kelas kontrol yang mendapatkan treatment berupa pembelajaran dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan penalaran matematis, prescale-postscale self-confidence, RPP, dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t untuk kemampuan penalaran matematis dan uji Mann-Whitney untuk self-confidence. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa model tersebut memiliki efektivitas yang sama dengan model pembelajaran konvensional terhadap self-confidence.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE), Kemampuan Penalaran Matematis, Self-Confidence |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 14:04 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 14:04 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51946 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |