EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA

Dewani Roro Rengganis, NIM.: 15600037 (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA)
15600037_BAB 1_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA)
15600037_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS serta variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 10 IPA SMA Negeri 5 Yogyakarta, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas 10 IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 10 IPA 5 sebagai kelas kontrol. Kelas 10 IPA 4 dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan berpikir kritis matematis, prescale-postscale disposisi matematis, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Di sisi lain, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS sama dengan pembelajaran konvensional terhadap disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Think Pair Share (TPS), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Disposisi Matematis
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jul 2022 14:17
Last Modified: 13 Jul 2022 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51949

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum