TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERUBAHAN HARGA SECARA SEPIHAK OLEH TENGKULAK DALAM JUAL BELI HASIL PERTANIAN DI DESA PULOREJO KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN

Ahmad Fathoni, NIM.: 15380098 (2019) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERUBAHAN HARGA SECARA SEPIHAK OLEH TENGKULAK DALAM JUAL BELI HASIL PERTANIAN DI DESA PULOREJO KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERUBAHAN HARGA SECARA SEPIHAK OLEH TENGKULAK DALAM JUAL BELI HASIL PERTANIAN DI DESA PULOREJO KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN)
15380098_BAB-I _IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (pdf).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERUBAHAN HARGA SECARA SEPIHAK OLEH TENGKULAK DALAM JUAL BELI HASIL PERTANIAN DI DESA PULOREJO KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN)
15380098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Jual beli adalah perjanjian tukar menukar barang dengan barang atau uang dengan barang, dengan jalan melepaskan hak milik dari satu dengan yang lain atas dasar saling merelakan. Dalam jual beli terdapat rukun dan syarat yang harus dipenuhi, sehingga jual beli tersebut dapat dikatakan sah oleh syara’. Syarat sahnya yaitu kedua pihak harus saling merelakan, tidak mengandung unsur gharar, tipuan maupun paksaan. Namun demikian, dalam prakteknya syarat dan rukun jual beli tersebut terkadang tidak terpenuhi. Seperti dalam pelaksanaan jual beli hasil pertanian di Desa Pulorejo. Dalam jual beli ini seringkali tengkulak melakukan perubahan harga (cengklok) secara sepihak pada petani. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang dilakukan di Desa Pulorejo. Metode yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari masyarakat Desa Pulorejo khususnya petani dan tengkulak. Data sekunder yaitu berupa buku dan kitab referensi yang berhubungan dengan pembahasan skripsi ini. Data yang telah dikumpulkan tersebut kemudian penyusun analisis dengan pendekatan normatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa cengklok di Desa Pulorejo seringkali dialami oleh petani. Dilihat dari hukum Islam jual beli dengan sistem cengklok ini merupakan jual beli yang rusak (fâsid) karena mengandung unsur paksaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Abdul Mughits, S. Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Perubahan Harga Sepihak, Prinsip Keadilan, Penetapan Harga dalam Islam, Akad
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi - Masalah Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jul 2022 09:30
Last Modified: 14 Jul 2022 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51966

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum