HUBUNGAN PENERIMAAN DIRI DAN PRESENTASI DIRI ONLINE DENGAN HARGA DIRI SEBAGAI MEDIATOR PADA REMAJA PENGGUNA INSTAGRAM

Azka Sonia Abaza, NIM.: 17107010147 (2022) HUBUNGAN PENERIMAAN DIRI DAN PRESENTASI DIRI ONLINE DENGAN HARGA DIRI SEBAGAI MEDIATOR PADA REMAJA PENGGUNA INSTAGRAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PENERIMAAN DIRI DAN PRESENTASI DIRI ONLINE DENGAN HARGA DIRI SEBAGAI MEDIATOR PADA REMAJA PENGGUNA INSTAGRAM)
17107010147_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PENERIMAAN DIRI DAN PRESENTASI DIRI ONLINE DENGAN HARGA DIRI SEBAGAI MEDIATOR PADA REMAJA PENGGUNA INSTAGRAM)
17107010147_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh remaja Indonesia sebagai tempat membangun profil dan berinteraksi dengan orang lain. Penggunaan Instagram tanpa kebijakan dapat memberikan dampak negatif pada pengguna remaja. Aktivitas penggunaan instagram dapat mempengaruhi pengguna dalam melakukan presentasi diri untuk mendapat kesan dari orang lain, khususnya remaja yang sedang dalam masa perkembangan dalam mencari jati diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerimaan diri dan presentasi diri online dengan harga diri sebagai mediator pada remaja pengguna Instagram. Jumlah subjek yang digunakan sebanyak 384 remaja berusia13-21 tahun yang merupakan pengguna Instagram aktif dari Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional non-experimental dan dianalisis menggunakan uji path analysis dengan IBM SPSS Statistic 20. Kemudian, penelitian ini di uji menggunakan uji sobel untuk mengetahui peran harga diri sebagai variabel mediator. Hasil analisis menunjukan bahwa harga diri secara signifikan mampu memediasi hubungan penerimaan diri dan presentasi diri dengan kontribusi sebesar 4,9 %. Penerimaan diri secara signifikan memberi pengaruh lagsung terhadap harga diri sebesar 0,742. Harga diri memiliki pengaruh langsung terhadap presentasi diri online sebesar 0,253. Penerimaan diri memiliki pengaruh tidak langsung terhadap presentasi diri online sebesar 0,1877.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ismatul Izzah, S.Th.I., M.A.
Uncontrolled Keywords: Instagram, Presentasi Diri Online, Harga Diri, Penerimaan Diri
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 14 Jul 2022 14:47
Last Modified: 14 Jul 2022 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51971

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum