HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN SPIRITUALITAS DENGAN KECEMASAN PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENJALANI PEMBELAJARAN DARING

Ainia Fielzia Firdaus, NIM.: 17107010059 (2022) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN SPIRITUALITAS DENGAN KECEMASAN PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENJALANI PEMBELAJARAN DARING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN SPIRITUALITAS DENGAN KECEMASAN PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENJALANI PEMBELAJARAN DARING)
17107010059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN SPIRITUALITAS DENGAN KECEMASAN PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENJALANI PEMBELAJARAN DARING)
17107010059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kecemasan bagi mahasiswa yang sedang menjalani pembelajaran daring di Jawa Timur ditunjukkan dari 50 mahasiswa 24% kecemasan ringan, 20% kecemasan sedang dan 16% kecemasan berat. Penelitian ini memiliki tujuan yakni mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dan spiritualitas dengan kecemasan pada mahasiswa yang sedang menjalankan pembelajaran daring. Subjek penelitian ini merupakan 348 mahasiswa strata satu aktif di Jawa Timur dengan menggunakan metode pengambilan sampel convinance sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala kecemasan dengan nilai koefisien alpha sebesar 0,871, skala dukungan sosial keluarga dengan nilai koefisen alpha sebesar 0,830, dan skala spiritualitas dengan nilai koefisien alpha sebesar 0,900. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, hasil penelitian menunjukkan: 1) adanya hubungan negatif dukungan sosial keluarga dan spiritualitas terhadap kecemasan pada mahasiswa yang melaksanakan pembelajaran daring dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 (p<0,05), 2) adanya hubungan negatif antara dukungan sosial keluarga dengan kecemasan pada mahasiswa yang melaksanakan pembelajaran daring, 3) tidak ada hubungan antara spiritualitas dengan kecemasan pada mahasiswa yang melaksanakan pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Zidni Imawan Muslim, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: kecemasan, pembelajaran daring, dukungan keluarga, spiritualitas.
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 14 Jul 2022 14:53
Last Modified: 14 Jul 2022 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51974

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum