PERAN KH. HAMBALI DALAM TRANSFORMASI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH BODE LOR CIREBON PERIODE TAHUN 2009 – 2018 M

Mochammad Reza Fanani Bah, NIM.: 16720052 (2022) PERAN KH. HAMBALI DALAM TRANSFORMASI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH BODE LOR CIREBON PERIODE TAHUN 2009 – 2018 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KH. HAMBALI DALAM TRANSFORMASI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH BODE LOR CIREBON PERIODE TAHUN 2009 – 2018 M)
16720052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN KH. HAMBALI DALAM TRANSFORMASI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH BODE LOR CIREBON PERIODE TAHUN 2009 – 2018 M)
16720052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas di lingkup pondok pesantren, peran Kiai sebagai tokoh sentral dalam tata kehidupan pesantren menjadi penggerak untuk pengembangan kurikulum dan sistem pembelajaran dan pengelolaan manajemen yang baik. Penelitian berjudul “Peran K.H Hambali dalam Transformasi Pondok Pesantren Assalafiyah Bode Lor Cirebon Periode Tahun 2009-2018 M” berfokus pada rumusan masalah bagaimana peran KH.H Hambali dalam proses transformasi pendidikan di Pondok Pesantren Assalafiyah Bode Lor Cirebon Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran K.H. Hambali dalam Transformasi Pondok Pesantren Assalafiyah Bode Lor di Cirebon dan faktor-faktor apa saja yang mendasari pembaharuan-pembaharuan tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat sistematik, terarah dan dapat dipertanggungjawabkan, sehingga tidak kehilangan sifat ilmiahnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsrvasi, kajian dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran K.H. Hambali dalam proses transformasi Pondok Pesantren Assalafiyah Bode Lor memberikan dampak yang signifikan. Visi besar K.H. Hambali terkait pembangungan, pengelolaan dan pengembangan pesantren memberikan bukti yang nyata. Hal ini dibuktikan dengan perubahan pada kurikulum, sistem pembelajaran, managerial kelembagaan, bidang sarana prasarana pendidikan dan sumber daya manusia (santri). Selain itu, peran K.H. Hambali sebagai pendakwah mendapat dukungan dari masyarakat sekitar sehingga berdampak besar terhadap perkembangan yang terjadi di Pondok Pesantren Assalafiyah Bode Lor di Cirebon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Achmad Zainal Arifin, S.Sos., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Transformasi, Pesantren, Peran
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 14 Jul 2022 14:54
Last Modified: 14 Jul 2022 14:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51975

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum