TANFIDZU BARNAMIJ TA'LIM AL LUGHAH LI TARQIYYATI MAHARAT AL KALAMI LI AL TALIBAT AL JADIDAH (DIRASAH BI MA'HAD AL ISLAH AL ISLAMIY SENDANGAGUNG PACIRAN LAMONGAN TAHUN AJARAN 2018/2019)

Ismi Uzlifatur Rosyida, NIM.: 15420084 (2019) TANFIDZU BARNAMIJ TA'LIM AL LUGHAH LI TARQIYYATI MAHARAT AL KALAMI LI AL TALIBAT AL JADIDAH (DIRASAH BI MA'HAD AL ISLAH AL ISLAMIY SENDANGAGUNG PACIRAN LAMONGAN TAHUN AJARAN 2018/2019). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TANFIDZU BARNAMIJ TA'LIM AL LUGHAH LI TARQIYYATI MAHARAT AL KALAMI LI AL TALIBAT AL JADIDAH (DIRASAH BI MA'HAD AL ISLAH AL ISLAMIY SENDANGAGUNG PACIRAN LAMONGAN TAHUN AJARAN 2018/2019)TANFIDZU BARNAMIJ TA'LIM AL LUGHAH LI TARQIYYATI MAHARAT AL KALAMI LI A)
15420084_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TANFIDZU BARNAMIJ TA'LIM AL LUGHAH LI TARQIYYATI MAHARAT AL KALAMI LI AL TALIBAT AL JADIDAH (DIRASAH BI MA'HAD AL ISLAH AL ISLAMIY SENDANGAGUNG PACIRAN LAMONGAN TAHUN AJARAN 2018/2019))
15420084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Ismi Uzlifatur Rosyida, Pelaksanaan Program “Ta’limul Lughah” dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Santri Baru di Pondok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan program “Ta’limul Lughah” untuk santri baru, peran program “Ta’limul Lughah” dalam meningkatkan keterampilan berbicara santri baru serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan program “Ta’limul Lughah” dalam meningkatkan keterampilan berbicara santri baru di Pondok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Ustadzah Penggerak Bahasa, Pengurus OPPI Bagian Bahasa, dan santri baru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program “Ta’limul Lughah” merupakan kegiatan pembelajaran bahasa secara non formal yang dilakukan di dalam kelas maupun luar kelas sebagai arahan untuk santri baru baik dari kelas 1 SMP dan 1 MA dengan menggunakan berbagai macam metode. Tujuan dari program ini adalah untuk akselerasi pengetahuan berbahasa bagi santri baru dan untuk memperbaiki bahasa santri. Program “Ta’limul Lughah” dilaksanakan sekali dalam satu minggu yakni pada hari Senin malam dengan koordinator Bagian Bahasa. Program “Ta’limul Lughah” dianggap sangat berperan dalam meningkatkan keterampilan berbicara santri terutama untuk santri baru Pondok Pesantren Al-Ishlah. Peran dari program “Ta’limul Lughah” adalah membantu santri baru dalam pemahaman bahasa, menambah perbendaharaan kosakata, melatih keterampilan berbahasa dan santri untuk berani berbicara. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program adalah adanya lingkungan bahasa yang mendukung, xviii adanya Language Award, kontribusi Ustadzah dan Pengurus Bagian Bahasa yang sangat berkompeten mengajar di program ini serta minat dan semangat santri baru yang menggebu untuk bisa mengaplikasikan dua bahasa tersebut untuk komunikasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah fasilitas yang kurang mendukung, pelaksanaan program yang tidak konsisten karena sering bertabrakan dengan kegiatan lain, serta waktu dan tempat pelaksanaan yang kurang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhajir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Program “Ta’limul Lughah”, Keterampilan Berbicara, Santri
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jul 2022 09:46
Last Modified: 14 Jul 2022 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51976

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum