TA’LIM AL LUGHAT AL ‘ARABIYYAH BI AL MA’HAD AL ISLAMIY TARBIYAT AL MU’MIN KRAKITAN SALAM MAGELANG (DIRASAH FI MANZUR AL MADKHAL AL ITTISALIY)

Awanda Ayu Primasetya, NIM.: 15420105 (2019) TA’LIM AL LUGHAT AL ‘ARABIYYAH BI AL MA’HAD AL ISLAMIY TARBIYAT AL MU’MIN KRAKITAN SALAM MAGELANG (DIRASAH FI MANZUR AL MADKHAL AL ITTISALIY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TA’LIM AL LUGHAT AL ‘ARABIYYAH BI AL MA’HAD AL ISLAMIY TARBIYAT AL MU’MIN KRAKITAN SALAM MAGELANG (DIRASAH FI MANZUR AL MADKHAL AL ITTISALIY))
15420105_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TA’LIM AL LUGHAT AL ‘ARABIYYAH BI AL MA’HAD AL ISLAMIY TARBIYAT AL MU’MIN KRAKITAN SALAM MAGELANG (DIRASAH FI MANZUR AL MADKHAL AL ITTISALIY))
15420105_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa arab di Pondok Pesantren Islam Tarbiyatul Mukmin Krakitan Salam Magelang ditinjau dari pendekatan komunikatif sebagai acuan dalam analisis, dan untuk mengetahui kegiatan-kegiatan penunjang pembelajaran Bahasa Arab komunikatif, dan yang terkhir untuk mengetahui problematika-problematika yang dihadapkan guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab komunikatif. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran terhadap perkembangan dan peningkatan mutu pembelajaran Bahasa Arab. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pendekatan komunikatif, yaitu salah satu pendekatan yang digunakan dalam mempelajari Bahasa Arab yang mendasarkan pandangannya terhadap penggunaan bahasa dalam kegiatan komunikasi sehari-hari. Yaitu menekankan pada aspek komunikasi, interaksi, dan mengembangkan kompetensi kebahasaan, serta keterampilan berbahasa (menyimak, membaca, menulis, berbicara) sebagai tujuan pembelajaran bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Sumber data diperoleh dari direktur pondok pesantren, guru mata pelajaran Bahasa Arab, dan santri Pondok Pesantren Tarbiyatul Mukmin. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mukmin menunjukkan pembelajaran Bahasa Arab komunikatif. Dalam tujuan, metode, bahan ajar, dan evaluasi sudah sesuai dengan ciri-ciri pendekatan komunikatif. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab komunkatif masih belum sempurna, dalam arti lain masih dalam langkah menuju pembelajaran Bahasa Arab komunikatif. Hal ini dibuktikan dengan adanya lingkungan berbahasa yang kurang terorganisir. Problematika yang dihadapkan guru pengajar Bahasa Arab berkisar antara segi linguistik seperti, tata bunyi, kosa kata, tulisan serta segi non linguitik yang meliputi faktor guru, sarana-prasarana, minat siswa, dan waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhajir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan Komunikatif, Proses Pembelajaran, Pondok Pesantren
Subjects: Komunikasi Pendidikan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jul 2022 09:51
Last Modified: 14 Jul 2022 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51979

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum