PENGGUNAAN METODE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

SUTRIANA, NIM. 05450031 (2011) PENGGUNAAN METODE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X A SEMESTER II SMA UII YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
SUTRIANA - NIM. 05450031 PENGGUNAAN METODE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X A SEMESTER II SMA UII YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan hasil belajar pada proses pembelajaran biologi dengan menggunakan Metode Cooperative Learning tipe STAD di kelas X A semester II SMA UII Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan memberikan tindakan pada subyek penelitian dalam dua siklus pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X A SMA UII Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk menilai partisipasi dan lembar soal pre-tes dan post-tes untuk data hasil belajar siswa. Analisis data untuk partisipasi siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif, data kualitatif dengan menghitung persentase siklus I dan siklus II. Sedangkan untuk data hasil belajar yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test siklus I dan II, dianalisis dengan menggunakan effect size, yaitu selisih antara rerata post- test siklus II dengan rerata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Cooperative Learning Tipe STAD pada materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa di SMA UII Yogyakarta. Peningkatan partisipasi siswa dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang berpartisipasi pada siklus II, dan semakin baik nilai dari masing-masing aspek yang meliputi: memberikan ide atau pendapat 63,63%, menerima pendapat orang lain 50%, melaksanakan tugas yang diberikan 54,54%, kerja sama dalam kelompok 45,45%, kepedulian terhadap kesulitan sesama anggota kelompok 54,54%, keikutsertaan dalam memberikan argumen 54,54%, dan keikutsertaan dalam menyimpulkan diskusi kelompok 59,09%. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size 1,773 dan tingkat kenaikan ukuran efek yaitu ukuran efek d Cohen sebesar 0,8. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Suhardi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning tipe STAD, partisipasi, hasil belajar dan SMA UII Yogyakarta.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Jul 2013 15:40
Last Modified: 17 Mar 2016 17:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5199

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum