APLIKASI MEMBRAN FILTER KERAMIK DENGAN PENAMBAHAN KARBON AKTIF SEKAM PADI UNTUK MENURUNKAN KADAR COD, FOSFAT DAN SURFAKTAN LIMBAH CAIR LAUNDRY

Rai Yosi Utari Laelasari, NIM.: 17106030021 (2022) APLIKASI MEMBRAN FILTER KERAMIK DENGAN PENAMBAHAN KARBON AKTIF SEKAM PADI UNTUK MENURUNKAN KADAR COD, FOSFAT DAN SURFAKTAN LIMBAH CAIR LAUNDRY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI MEMBRAN FILTER KERAMIK DENGAN PENAMBAHAN KARBON AKTIF SEKAM PADI UNTUK MENURUNKAN KADAR COD, FOSFAT DAN SURFAKTAN LIMBAH CAIR LAUNDRY)
17106030021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI MEMBRAN FILTER KERAMIK DENGAN PENAMBAHAN KARBON AKTIF SEKAM PADI UNTUK MENURUNKAN KADAR COD, FOSFAT DAN SURFAKTAN LIMBAH CAIR LAUNDRY)
17106030021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian mengenai pengolahan limbah cair laundry menggunakan membran filter sekam padi untuk menurunkan kadar COD, fosfat dan surfaktan telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivasi karbon aktif sekam padi menggunakan asam fosfat (H3PO4) terhadap kadar abu karbon aktif, mengetahui pengaruh variasi karbon aktif terhadap porositas membran keramik dan menganalisis kemampuan karbon aktif sekam padi terhadap penurunan kadar COD, fosfat dan surfaktan limbah cair laundry. Membran filter keramik yang digunakan berbahan dasar tanah liat dan karbon aktif sekam padi dengan variasi penambahan sebanyak 0, 5, 10, 15, 20, dan 25 g. Sekam padi diubah menjadi karbon aktif melalui proses dehidrasi, karbonisasi dan proses aktivasi. Pengujian yang dilakukan meliputi uji kadar abu, uji porositas, uji COD, fosfat dan surfaktan. Hasil penelitian menunjukan zat aktivator asam fosfat dapat menurunkan kadar abu karbon aktif dengan nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan kadar abu nonaktif. Uji porositas menunjukan bahwa semakin banyak karbon aktif sekam padi yang ditambahkan pada membran filter keramik, maka porositas membran filter keramik akan semakin besar. Komposisi optimum penambahan karbon aktif sekam padi 15g mampu menurunkan nilai COD sebesar 94,16% dan penambahan karbon aktif sebanyak 20g mampu menurunkan kadar fosfat dan surfaktan masing-masing sebesar 98,42% dan 97,85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa sekam padi dapat digunakan sebagai bahan aditif pembuatan membran filter keramik dalam menurunkan nilai COD, fosfat dan surfaktan pada limbah cair laundry. Kata kunci : Sekam padi, limbah cair laundry, COD, fosfat, surfaktan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Maya Rahmayanti, S.Si, M.Si
Uncontrolled Keywords: membran; karbon; sekam padi; limbah cair laundry; fosfat,; surfaktan
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Jul 2022 10:46
Last Modified: 14 Jul 2022 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51993

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum