PERAN ORGANISASI KEPEMUDAAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK MASYARAKAT (STUDI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DI DESA JUNGANYAR, KECAMATAN SOCAH, KABUPATEN BANGKALAN, PROVINSI JAWA TIMUR)

Amir Bandar Abdul Majid, NIM.: 15410011 (2019) PERAN ORGANISASI KEPEMUDAAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK MASYARAKAT (STUDI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DI DESA JUNGANYAR, KECAMATAN SOCAH, KABUPATEN BANGKALAN, PROVINSI JAWA TIMUR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORGANISASI KEPEMUDAAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK MASYARAKAT (STUDI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DI DESA JUNGANYAR, KECAMATAN SOCAH, KABUPATEN BANGKALAN, PROVINSI JAWA TIMUR))
15410011_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORGANISASI KEPEMUDAAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK MASYARAKAT (STUDI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DI DESA JUNGANYAR, KECAMATAN SOCAH, KABUPATEN BANGKALAN, PROVINSI JAWA TIMUR))
15410011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap akhlak masyarakat yang dirubah menjadi lebih agamis, akademis dan organisatoris oleh organisasi kepemudaan, khususnya Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah Junganyar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran IPM dalam membentuk akhlak masyarakat. Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk menjadi pelajaran positif bagi masyarakat dalam meningkatkan kegiatan yang bermanfaat, memberikan sumbangsih terhadap pengaderan IPM, serta dapat memberikan kontribusi positif bagi keilmua Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Fiel Research) dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah seluruh anggota, pengurus IPM dan masyarakat Junganyar, namun dalam proses pengambilan data peneliti memilah dan menetapkan beberapa narasumber yang dianggap telah memenuhi kualifikasi yang ditentukan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi participatory, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak masyarakat dapat terbentuk dari kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh PR. IPM Junganyar mencakup tiga hal: pertama, dalam bidang agama, IPM dapat memakmurkan Masjid dengan cara meningkatkan kegiatan keagamaan. Kedua, dalam bidang sosial IPM dapat mendamaikan antar kubu, yaitu NU dan Muhammdiyah serta Blok Utara dan Blok Selatan. Terkahir ketiga, dalam bidang pendidikan IPM dapat menumbuhkan kesadaran bagi pelajar yang berasal dari desa Junganyar. tentunya dalam pelaksanaan ini melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, sehingga kegiatan yang diadakan sudah matang dan mampu memberikan hasil yang baik, khususnya dalam pembentukan akhlak masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Karwadi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: IPM, Akhlak Masyarakat, Organisasi Pemuda
Subjects: Akhlak - Etika
Organisasi Masyarakat > Muhammadiyah
Organisasi Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jul 2022 11:23
Last Modified: 14 Jul 2022 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51999

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum