PERAN PEREMPUAN DALAM PERANG MASA RASULULLAH SAW TAHUN KE 5 SAMPAI 6 H (STUDI KASUS PERANG KHANDAQ DAN PERJANJIAN HUDAIBIYAH)

Maynadia Brilian Maharani, NIM.: 14120051 (2022) PERAN PEREMPUAN DALAM PERANG MASA RASULULLAH SAW TAHUN KE 5 SAMPAI 6 H (STUDI KASUS PERANG KHANDAQ DAN PERJANJIAN HUDAIBIYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEREMPUAN DALAM PERANG MASA RASULULLAH SAW TAHUN KE 5 SAMPAI 6 H (STUDI KASUS PERANG KHANDAQ DAN PERJANJIAN HUDAIBIYAH))
14120051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEREMPUAN DALAM PERANG MASA RASULULLAH SAW TAHUN KE 5 SAMPAI 6 H (STUDI KASUS PERANG KHANDAQ DAN PERJANJIAN HUDAIBIYAH))
14120051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Perempuan dalam Perang Masa Rasulullah SAW Tahun ke-5 sampai 6 H (Studi Kasus Perang Khandaq dan Perjanjian Hudaibiyah). Dalam Islam laki-laki dan perempuan masing-masing mempunyai peranan sendiri-sendiri. Islam juga memberi peluang pada kaum perempuan dalam perjuangan perkembangan dakwah Islam, terutama dalam peperangan. Penelitian ini mengambil fokus kajian peran perempuan dalam beberapa perang Rasulullah yang terjadi pada Tahun ke-5 sampai 6 H, diantaranya perang Khandaq, dan Perjanjian Hudaibiyah. Peneliti ingin mengkaji lebih dalam bagaimana bentuk peranan yang diberikan perempuan pada masa perang Rasulullah terutama pada perang Khandaq dan Perjanjian Hudaibiyah. Penelitian ini adalah penelitian kajian sejarah yang menggunakan teori peran menurut Biddle dan Thomas Adapun rumusan masalah pada penelitian ini meliputi (1) Bagaimana jalannya Perang Khandaq dan Perjanjian Hudaibiyah, (2) siapa saja perempuan yang ikut dalam peristiwa, (3) bagaimana bentuk peranan yang diberikan perempuan dalam Perang Khandaq dan Perjanjian Hudaibiyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan perempuan dalam perang masa Rasulullah dapat memberikan warna baru dalam sejarah perang dalam dakwah Rasulullah. seperti ikutnya perempuan melawan musuh dan membunuhnya untuk menjaga kehormatan agama Islam. Ikut sertanya perempuan dalam perang sebagai perawat adalah sejarah penting bagi umat Islam, dan yang terakhir kecerdasan perempuan yang ikut andil dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi Rasulullah adalah bukti nyata seberapa besar pengaruh kaum perempuan dalam dakwah Rasulullah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Zuhrotul Latifah, S. Ag. M. Hum
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Perang Khandaq, Perjanjian Hudaibiyah, Shafiyyah binti Abdul Muthalib, Rufaidah binti Al-Anshariyah, Ummu Salamah
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jul 2022 13:09
Last Modified: 14 Jul 2022 13:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52002

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum