CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN DI TELEVISI ANALISIS ISI IKLAN TEH SARIWANGI VERSI MARI BICARA DENGAN PASANGAN

Yoga Bhekti Peradana Hadi, NIM.: 14210022 (2022) CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN DI TELEVISI ANALISIS ISI IKLAN TEH SARIWANGI VERSI MARI BICARA DENGAN PASANGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN DI TELEVISI ANALISIS ISI IKLAN TEH SARIWANGI VERSI MARI BICARA DENGAN PASANGAN)
14210022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN DI TELEVISI ANALISIS ISI IKLAN TEH SARIWANGI VERSI MARI BICARA DENGAN PASANGAN)
14210022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kamajuan dan berkembangannya industri media di Indonesia, membuat semakin beragamnya produk-produk baik barang atau jasa yang menggunakan iklan sebagai alat untuk mengenalkan barang dagangannya, tentu di media elektronik maupun cetak. Seperti Teh Sariwangi yang melakukan langkah dengan membuat tayangan iklan yang penayangannya di televisi. Bebrapa stasiun besar yang berada di Jakarta kedapatan menanyangkan iklan tersebut di sela-sela program acaranya. Iklan Teh Sariwangi sendiri di produksi oleh PT Unilever Indonesia. Iklan dalam durasi yang pendek pun memilki unsur atau nilai yang tidak kecil, tidak hanya sebagai alat promosi namun juga memilki makna tentang bagaimana kontruksi sosial yang ada, terutama berkaitan dengan citra perempuan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jensi deskriptif-kualitatif. Pemilihan metode tersebut didasarkan pada jenis data yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian, yaitu mendiskripsikan kontruksi sosial terkait citra perempuan dalam aspek visual dan dialog dalam iklan Teh Sariwangi versi “Mari Bicara dengan Pasangan”. sedang analisis yang digunakan adalah analisis semiotik model Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian ini menunjukkan ada tiga citra yang digambarkan Citra perempuan dalam iklan Teh Sariwangi “Mari Bicara Dengan Pasangan” dapat dikategorikan menjadi tiga citra yaitu diantaranya citra pilar, citra pigura, dan citra pinggan. Berikut adalah kesimpulan dari penelitian yang dilakukan dengan membaginya kedalam aspek visual dan teks dialog dan menganalisisnya dengan semiotik Charles Sanders Pierce dan menggunakan Triangle Of Meaning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khoiro Ummatin, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Citra Perempuan, Iklan Televisi Dan Semiotik
Subjects: Penyiaran Islam
Gender
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jul 2022 13:16
Last Modified: 14 Jul 2022 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52003

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum