SEJARAH DAN PERUBAHAN FUNGSI KESENIAN HADRAH BAHJATUL UMMAHAT DI KECAMATAN DEPOK SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 2005-2017 M

Tri Kodariya Nisa, NIM.: 16120016 (2021) SEJARAH DAN PERUBAHAN FUNGSI KESENIAN HADRAH BAHJATUL UMMAHAT DI KECAMATAN DEPOK SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 2005-2017 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SEJARAH DAN PERUBAHAN FUNGSI KESENIAN HADRAH BAHJATUL UMMAHAT DI KECAMATAN DEPOK SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 2005-2017 M)
16120016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (SEJARAH DAN PERUBAHAN FUNGSI KESENIAN HADRAH BAHJATUL UMMAHAT DI KECAMATAN DEPOK SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 2005-2017 M)
1PZETK~I.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kesenian Hadrah Bahjatul Ummahat (BU) didirikan oleh K.H Sun Haji pada tahun 2005 dan aktif hingga tahun 2017 M. Kesenian hadrah BU didirikan untuk menyi’arkan agama Islam kepada masyarakat Depok. Kesenian ini terdiri dari beberapa grup hadrah yang berada di 12 wilayah Kecamatan Depok. Grup-grup hadrah tersebut merupakan bagian dari strategi dakwah islamiyah dari Majelis Taklim Bahjatul Ummahat. Pembahasan dalam penelitian ini yang pertama, bagaimana latar belakang berdirinya kesenian hadrah Bahjatul Ummahat. Kedua, mengapa hadrah Bahjatul Ummahat hanya aktif hingga 2017 M. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan sosiologis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perubahan intern dan perubahan ekstern yang diungkapkan oleh Alvin Boskoff. Perubahan intern adalah perubahan yang disebabkan dari individu atau masyarakat itu sendiri, sedangkan perubahan ekstern terjadi oleh adanya kemajuan teknologi dan globalisasi. Teori ini digunakan untuk menganalisis perubahan fungsi hadrah yang terjadi dalam grup hadrah BU seiring berkembangnya zaman. Perubahan fungsi hadrah dirasakan oleh masyarakat Depok secara bertahap, dari masa ke masa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kesenian hadrah Bahjatul Ummahat dibentuk pada tahun 2005 M oleh K.H Sun Haji untuk meneruskan perjuangan dakwah Islam dari K.H Abdul Hadi As Syafi’i kepada masyarakat. Kedua, kesenian hadrah Bahjatul Ummahat cukup aktif hingga akhir tahun 2017 M disebabkan oleh minat jemaah menurun dan sistem pengelolaan yang tidak tersusun dengan baik. Grup kesenian hadrah BU mengalami perubahan fungsi dalam masyarakat Depok, Sleman. Perubahan fungsi kesenian hadrah dirasakan oleh masyarakat, dengan tujuan utamanya yaitu sebagai media dakwah islamiyah dan sarana komunikasi, berubah fungsi menjadi media hiburan baik untuk sebuah kelompok maupun kepuasan pribadi. Kesenian hadrah ini membantu proses penyebaran ajaran agama Islam di wilayah Depok yang berpusat di Desa Condongcatur dan merupakan budaya Islam yang wajib dijaga dan dilestarikan keberadaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Maimunah, S.Ag. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Hadrah, Pondok Pesantren Wahid Hasyim, Jemaah Majelis Taklim Bahjatul Ummahat
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jul 2022 13:21
Last Modified: 12 Sep 2022 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52004

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum