IDENTIFIKASI KEBERADAAN SESAR LOKAL DI DUSUN SANGKREK KAPANEWON KOKAP KABUPATEN KULON PROGO DENGAN METODE MAGNETIK

Nadzif Muaffi, NIM.: 17106020041 (2022) IDENTIFIKASI KEBERADAAN SESAR LOKAL DI DUSUN SANGKREK KAPANEWON KOKAP KABUPATEN KULON PROGO DENGAN METODE MAGNETIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI KEBERADAAN SESAR LOKAL DI DUSUN SANGKREK KAPANEWON KOKAP KABUPATEN KULON PROGO DENGAN METODE MAGNETIK)
17106020041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI KEBERADAAN SESAR LOKAL DI DUSUN SANGKREK KAPANEWON KOKAP KABUPATEN KULON PROGO DENGAN METODE MAGNETIK)
17106020041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keberadaan jalur dan jenis sesar lokal menggunakan data medan magnet dengan jumlah titik pengukuran 63 titik. Data lapangan dilakukan koreksi variasi harian dan koreksi IGRF untuk mendapatkan anomali medan magnet. Peta anomali medan magnet lalu dilakukan filtering anomali regional-lokal dengan bandpass filter di software Oasis Montaj dan reduce to pole (RTP). Second Vertical Derivative (SVD) dilakukan untuk membantu dalam proses menentukan jalur dan jenis sesar lokal. Interpretasi dilakukan dengan pemodelan 2D pada sayatan peta anomali hasil RTP menggunakan software gmsys dengan hasil SVD. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai anomali medan magnet antara -310 nT s.d 680 nT dengan nilai anomali tinggi dominan pada formasi Andesit dan Kebobutak, sedangkan nilai anomali rendah berada di formasi Sentolo dan formasi Aluvium. Nilai suseptibilitas batu sedimen berupa batu gamping, lanau, dan pasir sebesar 0,0001 s.d 0,002 pada permukaan hingga kedalaman 78 m dibawah permukaan tanah. Nilai suseptibilitas 0,013 s.d 0,042 dari batu breksi andesit ditemui Andesit pada permukaan hingga kedalaman 170 m dari permukaan tanah. Batu andesit ditemui kedalaman 180 m hingga 350 m di bawah permukaan tanah dengan nilai suseptibilitas 0,073 s.d 0,108. Lokasi jalur sesar pada formasi Andesit diperkirakan sesuai dengan peta geologi, sedangkan pada formasi Kebobutak lokasi sesar berada di sebelah barat dengan jarak ± 50 m dari dugaan jalur sesar di peta geologi. Lokasi sesar pada formasi Sentolo ± 40 m sebelah barat dari dugaan sesar peta geologi dan pada formasi Aluvium ± 400 m di sebelah barat jalur sesar pada geologi. Jenis sesar pada penelitian ini merupakan sesar turun, dimana bagian yang turun adalah pada sisi barat sesar dan bagian yang tetap berada pada sisi timur sesar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Thaqibul Fikri Niyartama, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Magnetik, Sesar, Suseptibilitas
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 14 Jul 2022 15:11
Last Modified: 14 Jul 2022 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52019

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum