KONSTRUKSI ISLAMOFOBIA DI MEDIA ONLINE (ANALISIS WACANA PEMBERITAAN TENTANG ISLAMOFOBIA DI REPUBLIKA.CO.ID)

Hasril Azmi, NIM.: 14210071 (2022) KONSTRUKSI ISLAMOFOBIA DI MEDIA ONLINE (ANALISIS WACANA PEMBERITAAN TENTANG ISLAMOFOBIA DI REPUBLIKA.CO.ID). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI ISLAMOFOBIA DI MEDIA ONLINE (ANALISIS WACANA PEMBERITAAN TENTANG ISLAMOFOBIA DI REPUBLIKA.CO.ID))
14210071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI ISLAMOFOBIA DI MEDIA ONLINE (ANALISIS WACANA PEMBERITAAN TENTANG ISLAMOFOBIA DI REPUBLIKA.CO.ID))
14210071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemberitaan yang diangkat yakni kasus penabrakan keluraga muslim oleh seorang pemuda bernama Nathaniel Veltman di London, Ontario, Kanada pada 6 Juni 2021. Polisi setempat mengatakan penabrakan tersebut disengaja menargetkan para korban karena mereka adalah muslim. Pengadilan mendakwa Veltman dengan tuduhan pembunuhan tingkat pertama dan merupakan tindakan terorisme. Kejadian tersebut menuai kecaman dari berbagai kalangan dalam negeri Kanada dan luar Kanada. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif sedangkan untuk meneliti Republika.co.id dalam mengkonstruksikan wacana Islamofobia pada pemberitaan penabrakan keluarga muslim di Kanada, peneliti menggunakan analisis wacana model Teun Van Dijk. Pada model analisis ini dibagi menjadi tiga elemen yakni Teks, Kognisi Sosial dan Konteks Sosial. Dalam analisis wacana model Teun Van Dijk ini menggabungkan tiga elemen tersebut untuk kemudian mengungkap wacana yang dibentuk oleh media online Republika.co.id. Hasil dari penelitian ini adalah konstruksi Islamofobia dalam elemen teks, kognisi sosial maupun konteks sosial pemberitaan menunjukkan bahwa Republika.co.id memandang Islamofobia dalam penabrakan keluarga muslim di Kanada sebagai tindakan intoleran, berbahaya dan kejam. Republika.co.id menekankan sikap mengutuk tindakan Islamofobia dan menjunjung pandangan toleransi terhadap umat beragama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mochammad Sinung Restendy, M.Sos.
Uncontrolled Keywords: Islamofobia, konstruksi, analisis wacana, media online, Republika.co.id
Subjects: Penyiaran Islam
Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jul 2022 14:31
Last Modified: 14 Jul 2022 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52021

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum