PENGARUH UMUR PANEN TERHADAP MUTU BENIH DAN PERTUMBUHAN BIBIT SENGON (Falcataria moluccana Miq Barneby J & W Grimes)

Farida Herawati, NIM.: 17106040045 (2022) PENGARUH UMUR PANEN TERHADAP MUTU BENIH DAN PERTUMBUHAN BIBIT SENGON (Falcataria moluccana Miq Barneby J & W Grimes). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH UMUR PANEN TERHADAP MUTU BENIH DAN PERTUMBUHAN BIBIT SENGON (Falcataria moluccana Miq Barneby J & W Grimes))
17106040045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH UMUR PANEN TERHADAP MUTU BENIH DAN PERTUMBUHAN BIBIT SENGON (Falcataria moluccana Miq Barneby J & W Grimes))
17106040045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sengon merupakan salah satu jenis tanaman hutan yang sangat digemari oleh petani khususnya di Pulau Jawa. Keunggulan sengon selain mudah pertumbuhannya dan menyuburkan tanah, kayunya juga dapat dipanen dalam waktu pendek serta mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Keberhasilan penanaman sengon dipengaruhi oleh ketersediaan benih dengan mutu baik. Oleh karena itu, perlu diketahui apakah ada perbedaan waktu panen pertama hingga panen berikutnya suatu pohon sengon dapat menghasilkan benih bermutu tinggi. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perbedaan umur 7 tahun, 8 tahun dan 9 tahun serta perbedaan pohon induk yaitu FTIP 6021, 6027 dan 6132 sebagai variable tetap; sedangkan ulangan dan perlakuan media sebagai variable acak; Uji perkecambahan menggunakan 9 perlakuan, 5 ulangan dengan 25 butir benih setiap ulangan; sedangkan uji persemaian yang digunakan ditambah dengan media tanam topsoil dan pupuk kambing 150 gr. Parameter yang diamati adalah daya berkecambah dan laju perkecambahan untuk uji perkecambahan dan tinggi tanaman, diameter batang, jumlah tangkai daun, panjang akar, jumlah bintil dan berat basah bibit untuk uji persemaian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perbedaan umur panen benih sengon memiliki mutu benih yang hampir sama (80 – 90%) dan laju perkecambahan 1 – 2 hari, kecuali umur panen 7 tahun dan 8 tahun pada FTIP 6021. Perbedaan umur panen benih memberikan respon yang seragam terhadap parameter tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, panjang akar dan jumlah bintil. Perbedaan umur panen berpengaruh terhadap respon berat basah bibit; dengan terbaik umur panen 8 tahun pada FTIP 6021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dias Idha Pramesti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Benih Sengon, Mutu Fisiologis, Umur Panen, Pertumbuhan Bibit
Subjects: Biologi
Tanaman
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 14 Jul 2022 15:11
Last Modified: 14 Jul 2022 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52025

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum