Pengembangan Modul Fisika Materi Gerak Parabola Berbasis Generative Learning

Destia Mareta Dyah Santoso, - and Winarti, - (2019) Pengembangan Modul Fisika Materi Gerak Parabola Berbasis Generative Learning. In: Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) " Peran Fisika dan Aplikasinya di Era FDigital", 14 September 2019, Gedung Pascasarjana Lantai 6 Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1657840241.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengembangan Modul Fisika Materi Gerak Parabola Berbasis Generative Learning)
Pengembangan Modul Fisika Materi Gerak Parabola Berbasis Generative Learning.pdf - Published Version

Download (924kB) | Preview

Abstract

Generative Learning merupakan strategi pembelajaran dengan pendekatan kontruktivisme, dimana peserta didik dapat memperoleh kesempatan untuk mengkontruksi pengetahuannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendesain modul fisika berbasis generative learning pada materi pokok gerak parabola; 2) mengetahui kualitas modul fisika berbasis generative learning pada materi pokok gerak parabola; 3) mengetahui respon peserta didik terhadap modul fisika yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan prosedural yang mengadaptasi prosedur pengembangan perangkat model 4-D, yakni define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik non tes dengan metode angket. Adapun instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar penilaian modul, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini antara lain: 1) telah dihasilkan modul fisika materi gerak parabola berbasis generative learning; 2) kualitas modul fisika berbasis generative learning berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru fisika memiliki kategori Sangat Baik dengan skor rerata berturut-turut 3,44; 3,66; dan 3,64; dan 3) respon peserta didik pada uji terbatas menunjukkan bahwa rata-rata peserta didik menyatakan Setuju dengan adanya produk yang dikembangkan dengan skor rerata 0,98 dan respon peserta didik pada uji luas menunjukkan bahwa peserta didik menyatakan Setuju dengan adanya produk yang dikembangkan dengan skor rerata 0,95. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul fisika berbasis generative learning pada materi gerak parabola layak dijadikan sebagai salah satu sumber belajar mandiri.

Item Type: Conference or Workshop Item (Other)
Uncontrolled Keywords: modul fisika, generative learning, gerak parabola
Subjects: Fisika
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 18 Jul 2022 05:44
Last Modified: 18 Jul 2022 05:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52037

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum