STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS GANDA (STUDI DI SLB NEGERI 1 BANTUL)

Asmi’un, NIM.: 16204010001 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS GANDA (STUDI DI SLB NEGERI 1 BANTUL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS GANDA (STUDI DI SLB NEGERI 1 BANTUL))
16204010001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS GANDA (STUDI DI SLB NEGERI 1 BANTUL))
16204010001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus Ganda di SLB 1 Bantul dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah. Tesis:Yogyakarta: Program Strata II Jurusan Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan dalam pembelajaran PAI serta penanaman nilai akhlakul karimah di SLB Negeri 1 Bantul, implementasi strategi pembelajaran PAI serta upaya penanaman nilai-nilai akhlakul karimah di SLB Negeri 1 Bantul dan faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai akhlakul karimah di SLB Negeri 1 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha memberikan dengan sistematis format fakta- fakta aktual dan sifat populasi tertentu. Pengumpulan data-data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan triangulasi data, yaitu dengan memadukan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan sumber data baik berupa bahan-bahan kepustakaan, informan, KBM, dandokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran yang digunakan di SLB N 1 Bantul adalah Strategi ekspositori (pembelajaran langsung), dengan strategi ini proses pembelajaran bagi anak Tunaganda menunjukkan hasil yang memuaskan, terbukti dengan peserta didik dapat mengimplementasikan nilai-nilai akhlakul karimah di sekolah maupun di rumah, namun masih ada sedikit kendala khususnya pada orang tua atau wali murid yang masih kurang mendukung terhadap proses pelaksanaan penanaman nilai akhlakul karimah. (2) Implementasi strategi pembelajaran PAI yang dilakukan di SLB Negeri 1 Bantul melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan guru mempelajari catatan pribadi siswa, melakukan pelayanan keluarga. Pada tahap pelaksanaan guru menggunakan metode uswatun hasanah, metode demonstrasi, metode pembiasaan, metode sosiodrama, dan menggunakan pendekatan emosional. (3) Faktor pendukung strategi guru dalam proses penanaman nilai-nilai akhlakul karimah yaitu buku-buku pelajaran yang memadai, sarana dan prasarana yang memadahi pula serta dukungan semua pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah wali murid yang kurang mendukung terhadap program kegiatan yang diselenggarakan di sekolah khususnya yang berkaitan dengan penanaman nilai akhlaul karimah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Suyadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Akhlakul karimah, Tuna Ganda
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Jul 2022 10:05
Last Modified: 15 Jul 2022 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52046

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum