Winarti, - (2019) Peran Pendidik Fisika Dalam Mempersiapkan Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika V. pp. 1-8. ISSN ISSN : 2527-6670
|
Text (Peran Pendidik Fisika Dalam Mempersiapkan Society 5.0)
2. 1408-3225-1-SM.pdf - Published Version Download (413kB) | Preview |
|
|
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1657854365.pdf - Updated Version Download (17kB) | Preview |
Abstract
Tujuan utama pendidikan sains adalah penanaman kemampuan berpikir, kemampuan memecahkan masalah, belajar secara mandiri, mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis, berpikir kritis, kemampuan nalar dan berpikir kreatif (American Association for the Advancement of Science (AAAS), 1994; National Research Council (NRC), 1996 ; Barak & Shakhman, 2009). Banyak hal mempengaruhi perubahan tujuan pendidikan kita salah satunya dengan perubahan cepat yang terjadi akibat bergulirnya Revolusi Industri 4.0 menuju Society 5.0. Revolusi Industri 4.0 mengisyaratkan bahwa kebutuhan pembelajaran harus lebih mengedepankan apa yang dibutuhkan peserta didik, big data, analisis menjadi point utama untuk menentukan model pembelajaran yang akan digunakan. Konsep Society 5.0 diadopsi Jepang sebagai antisipasi terhadap trend global munculnya Revolusi Industri 5.0. Dapat dtegaskan bahwa Society 5.0 merupakan jawaban atas tantangan Revolusi Industri 4.0 yakni berbasiskan pada internet of thing’s (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar) dan Robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Fisika |
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Prosiding (Proceeding) |
Depositing User: | Drs. Bambang Heru Nurwoto |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 10:33 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 10:35 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52047 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |