Peran Pendidik Fisika Dalam Mempersiapkan Society 5.0

Winarti, - (2019) Peran Pendidik Fisika Dalam Mempersiapkan Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika V. pp. 1-8. ISSN ISSN : 2527-6670

[img]
Preview
Text (Peran Pendidik Fisika Dalam Mempersiapkan Society 5.0)
2. 1408-3225-1-SM.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1657854365.pdf - Updated Version

Download (17kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama pendidikan sains adalah penanaman kemampuan berpikir, kemampuan memecahkan masalah, belajar secara mandiri, mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis, berpikir kritis, kemampuan nalar dan berpikir kreatif (American Association for the Advancement of Science (AAAS), 1994; National Research Council (NRC), 1996 ; Barak & Shakhman, 2009). Banyak hal mempengaruhi perubahan tujuan pendidikan kita salah satunya dengan perubahan cepat yang terjadi akibat bergulirnya Revolusi Industri 4.0 menuju Society 5.0. Revolusi Industri 4.0 mengisyaratkan bahwa kebutuhan pembelajaran harus lebih mengedepankan apa yang dibutuhkan peserta didik, big data, analisis menjadi point utama untuk menentukan model pembelajaran yang akan digunakan. Konsep Society 5.0 diadopsi Jepang sebagai antisipasi terhadap trend global munculnya Revolusi Industri 5.0. Dapat dtegaskan bahwa Society 5.0 merupakan jawaban atas tantangan Revolusi Industri 4.0 yakni berbasiskan pada internet of thing’s (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar) dan Robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Fisika
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Jul 2022 10:33
Last Modified: 15 Jul 2022 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52047

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum