PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA 4 SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

URAI DEWI ERLIANTI - NIM. 06670003, (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA 4 SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA 4 SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA 4 SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XI IPA 4 SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe quiz team pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus pembelajaran dan tiap siklusnya dilakukan dalam satu kali pertemuan. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan membagi peserta didik menjadi enam kelompok. Setiap kelompok diberi LKS dan hand out, kemudian dilanjutkan dengan kuis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi kemampuan bertanya peserta didik untuk data kemampuan bertanya dan lembar soal pre test dan post test untuk data hasil belajar peserta didik. Analisis data untuk kemampuan bertanya peserta didik pada pelajaran kimia menggunakan analisis kualitatif deskriptif, adapun data kualitatif dengan menghitung persentase. Untuk data hasil belajar yang diperoleh dari pre test dan post test dianalisis dengan effect size, yaitu selisih antara rerata post test siklus II dengan rerata post test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe quiz team dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 4 SMA Muhammdiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Peningkatan kemampuan bertanya ditunjukkan oleh kenaikan rerata kemampuan bertanya peserta didik dari 11,43% (pada siklus I) menjadi 25,71% (pada siklus II). Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik ditunjukkan dengan adanya nilai effect size antara siklus I dan siklus II sebesar 3,82.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Panji Hidayat, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran aktif, quiz team,
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 01 Apr 2013 21:35
Last Modified: 19 Feb 2016 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5205

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum