INTEGRASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN KARAWITAN DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA

Isni Mardikaningsih, NIM.: 14480144 (2019) INTEGRASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN KARAWITAN DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN KARAWITAN DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA)
14480144 BABI, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN KARAWITAN DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA)
BAB II-BAB IV_ISNI MARDIKANINGSIH_14480144.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu Negara kesatuan yang di dalamnya di penuhi dengan keberagamaan yang secara khusus menjadi kebanggaan tersendiri. Namun, keberagaman ini dapat menjadi bumerang tersendiri yang mengakibatkan konflik yang dapat merusak sendi persatuan dan kesatuan bangsa. Pembelajaran multikultural juga sebagai jembatan untuk menanamkan sikap toleransi di sekolah dasar inklusi, pentingnya pendidikan multikultural adalah memberikan penyadaran kepada masyarakat, supaya tidak timbul konflik etnis, budaya, dan agama. Pendidikan multikultural merupakan strategi pendidikan yang diaplikasikan pada semua jenis mata pelajaran dengan cara menggunakan perbedaan-perbedaan kultural yang ada pada para siswa seperti perbedaan etnis, agama, bahasa, gender, kelas sosial, ras, kemampuan, dan umur agar proses belajar menjadi efektif. Banyaknya Suku-suku yang ada di Indonesia menjadikan Indonesia kaya akan budaya terutama budaya jawa diantaranya adalah karawitan, yang lamabat laun akan terkikis oleh perubahan zaman yang semakin modern dan lupa dengan budaya-budaya yang ada. Dari latar belakang tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Integrasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran karawitan, (2) faktor pengdukung dan penghambat Integrasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran karawitan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV , guru kelas, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi nonpratisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara teknik pengumpulan data dan sumber data yang ada. Peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran karawitan di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta terintegrasikan dalam sikap yang tertanam dalam peserta didik sehari-hari seperti sikap toleransi, kerja sama team, gotong royong, saling membantu, tanggung jawab dan disiplin yang diajarkan dalam pembelajaran karawitan supaya peserta didik lebih mencintai budayanya sendiri. Faktor pendukung terlaksanakannya pendidikan multikultural diantaranya yaitu: (1) Kurikulum sekolah, (2) Program sekolah, (3) sarana dan prasarana yang memadai, (4) Peran Guru/ pamong, (5) Peserta didik. Sedangkan faktor penghambat dalam pendidikan multikultural dari (1) individu, (2) orang tua peserta didik sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ichsan M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Multikultural, Pembelajaran Karawitan, Program Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Jul 2022 11:17
Last Modified: 15 Jul 2022 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52054

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum