Profil Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur

Ropian Mardiana, - and Winarti, - (2019) Profil Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika V. pp. 1-14. ISSN ISSN : 2527-6670

[img]
Preview
Text (Profil Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur)
4. 1388-3187-1-SM.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1657860338.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) profil pembelajaran fisika SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur, 2) profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur kelas XI pada materi gerak, gaya, usaha dan energi, momentum dan impuls. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada lima sekolah di Kabupaten Lombok Timur yaitu SMA N 1 Selong, SMA N 1 Sikur, SMA N 1 Sakra, SMA N 1 Keruak, dan SMA N 1 Jerowaru. Pengambilan data yang digunakan untuk mengetahui profil pembelajarn fisika yaitu dengan melakukan kegiatan observasi, melakukan kegiatan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika, pemberian angket kepada siswa, serta studi dokumentasi. Sedangkan untuk mengetahui profil HOTS siswa dengan cara memberikan masalah fisika kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) diketahui intraksi pembelajaran yang sering terjadi adalah satu arah, dimana proses pembelajaran hanya berpusat pada guru selain itu ditemukan bahwa guru sudah menerapkan metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab akan tetapi hal ini belum menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang diterapkan sudah mengarah pada peningkatan kemampuan bepikir tingkat tinggi, 2) hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di Kabupaten Lombok Timur berada pada katagori sedang

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Pembelajaran Fisika, Gerak, Gaya, Usaha dan Energi, Momentum dan Impuls
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Paper
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Jul 2022 13:28
Last Modified: 15 Jul 2022 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52055

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum