HARMONI MASYARAKAT ISLAM DAN HINDU DI LOMBOK (STUDI KASUS DI DESA LINGSAR, KECAMATAN LINGSAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT, NUSA TENGGARA BARAT)

Ahmad Khaerul Kholidi, NIM.: 1620510062 (2018) HARMONI MASYARAKAT ISLAM DAN HINDU DI LOMBOK (STUDI KASUS DI DESA LINGSAR, KECAMATAN LINGSAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT, NUSA TENGGARA BARAT). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HARMONI MASYARAKAT ISLAM DAN HINDU DI LOMBOK (STUDI KASUS DI DESA LINGSAR, KECAMATAN LINGSAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT, NUSA TENGGARA BARAT))
1DOWAA~N.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HARMONI MASYARAKAT ISLAM DAN HINDU DI LOMBOK (STUDI KASUS DI DESA LINGSAR, KECAMATAN LINGSAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT, NUSA TENGGARA BARAT))
1VOBUP~7.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Di tengah maraknya sikap-sikap intoleransi khususnya di suku sasak Lombok, Nusa Tenggara Barat, Agama Islam dan Hindu hadir sebagai sebuah agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi. Masyarakat Islam dan Hindu di Lingsar mampu membenteng dan membentuk keharmonisan bahkan menjadi kiblat bagi agama-agama di luar desa Lingsar yang masih membentuk kerukunan antar kedua komunitas agama Islam dan Hindu. Desa Lingsar hidup dua komunitas agama Islam dan Hindu yang berbeda namun dalam kehidupan kesehariannya mereka mampu menciptakan kehidupan yang damai dan harmonis. Dengan demikian Desa Lingsar patut dijadikan sebagai desa yang memelihara sikap toleransi dalam beragama. Keharmonisan di Desa Lingsar nampak paling tidak ada dua hal: pertama, dari pola relasi antar umat beragama dalam lingkungan keluarga. Kedua, realitas kerukunan tercermin dalam lingkungan sosial masyarakat. Masyarakat Lingsar aktif terlibat dalam berbagai aktivitas sosial maupun keagamaan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, kerjasama dan kebersamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsep Harmoni pada masyarakat Islam dan Hindu di Desa Lingsar, Kecamatan Linsar, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan sosiologis dengan menggunakan teori Pierre Felix Bourdieu tentang Habitus. Adapun metode penelitan ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah: Bagaimana Proses Sosial yang membentuk Harmoni Masyarakat Islam dan Hindu di Desa Lingsar?, Bagaimana Pola Interaksi Sosial Masyarakat Islam dan Hindu di Desa Lingsar?. Budaya lokal dan agama mampu membentuk masyarakat yang harmonis, tidak lain dapat terciptanya banyak ruang toleransi yang bernuansa agama dan ruang bernuansa budaya lokal. Raung-ruang tersebut memberikan sumbangan terbesar dalam membentuk masyarakat yang harmonis. Dikatakan demikian karena: pertama, ruang-ruang tersebut menjadi titik temu kedua agama masyarakat Islam dan Hindu yang berlatar belakang ras, suku, sosial, agama, idiologi, dan politik. Kedua, nilai-nilai lokal atau disebut juga kearifan lokal dapat juga sebagai fungsi norma-norma sosial di masyarakat untuk mengatur sikap dan perilaku masyarakat. Ketiga, ruang toleransi bernuansa agama dan budaya juga memilki fungsi sebagai pengontrol sosial dari setiap komunitas agama. Keempat, budaya dapat berfungsi sebagai penjamin anggota pendukung kebudayaan yang sudah ada di Desa Lingsar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menjadi Harmoni masyarakat Islam dan Hindu adalah pertama, tertanamnya saling menghargai. Kedua, budaya lokal dari setiap permasalahan yang ada di desa Lingsar kedua agama ini selalu berkaca terhadap aturan-aturan adat atau hukum yang sudah disepakati oleh kedua agama baik itu agama Islam dan Hindu. Sehingga, di desa Lingsar keharmonisan antar kedua agama Islam dan Hindu menjadi masyarakat yang intoleran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Soehada, S.Sos., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kerukunan Beragama, Budaya, Lingsar, Islam dan Hindu.
Subjects: Moderasi Beragama
Toleransi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Agama dan Filsafat (S2) > Studi Agama dan Resolusi Konflik
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Jul 2022 10:59
Last Modified: 19 Jul 2022 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52096

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum