PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA, SINTAKSIS DAN MORFOLOGI BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB DENGAN VARIABEL MODERATING: MOTIVASI BELAJAR

Nurul Arifah, NIM.: 1620410031 (2018) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA, SINTAKSIS DAN MORFOLOGI BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB DENGAN VARIABEL MODERATING: MOTIVASI BELAJAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA, SINTAKSIS DAN MORFOLOGI BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB DENGAN VARIABEL MODERATING: MOTIVASI BELAJAR)
1620410031_ BAB I,_BAB V _ DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA, SINTAKSIS DAN MORFOLOGI BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB DENGAN VARIABEL MODERATING: MOTIVASI BELAJAR)
1620410031_ BAB II_SAMPAI_SEBELUM_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penguasaan kosakata Bahasa Arab, (2) sintaksis Bahasa Arab, (3) morfologi Bahasa Arab, (4) kemampuan menulis Bahasa Arab, (5) ada tidaknya pengaruh antara Penguasaan Kosakata, sintaksis dan morfologi Bahasa Arab terhadap kemampuan menulis Bahasa Arab, dan (6) pengaruh motivasi belajar terhadap hubungan antara penguasaan kosakata, sintaksis, morfologi Bahasa Arab terhadap kemampuan menulis Bahasa Arab pada mahasiswa semester IV dan VI Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian berupa data kuantitatif yang dianalisis menggunakan statistik yang kemudian diuraikan dengan analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta semester IV dan VI dengan mengambil sampel sebanyak 65 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus. Pengumpulan data kosakata, sintaksis, morfologi dan menulis Bahasa Arab dilakukan dengan tes kemampuan. Adapun data motivasi belajar dengan metode angket tertutup. Uji validitas butir dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan program anbuso 4.4 untuk data objektif dan program SPSS 2.2 . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Tingkat taraf kesalahan hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian pada mahsiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menunjukkan bahwa: (1) penguasaan kosakata pada kategori sedang yaitu sebesar 84,6%, (2) sintaksis Bahasa Arab pada kategori sedang yaitu sebesar 80%, (3) morfologi Bahasa Arab pada kategori sedang yaitu sebesar 75,3%, (4) kemampuan menulis Bahasa Arab pada kategori sedang yaitu sebesar 64,6%, (5) Pengaruh penguasaan kosakata, sintaksis, morfologi Bahasa Arab terhadap kemampuan menulis Bahasa Arab yang ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,145 atau 14,5%, Fhitung sebesar 2,623, (6) ada pengaruh signifikan penguasaan kosakata, sintaksis, morfologi Bahasa Arab terhadap kemampuan menulis Bahasa Arab dengan motivasi belajar sebagai variabel moderating ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,246 atau 24,6%, Fhitung sebesar 2,661. Ini berarti motivasi belajar mampu memoderasi pengaruh penguasaan kosakata, sintaksis, morfologi Bahasa Arab terhadap kemampuan menulis Bahasa Arab pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kosakata, Sintaksis, Morfologi, Motivasi Belajar, Menulis Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Jul 2022 09:01
Last Modified: 20 Jul 2022 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52113

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum