TIPOLOGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KETELADANAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA DAMAI SISWA (STUDI KASUS DI SMP PIRI 1 YOGYAKARTA)

SyaefudiN, NIM.: 1620410039 (2018) TIPOLOGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KETELADANAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA DAMAI SISWA (STUDI KASUS DI SMP PIRI 1 YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TIPOLOGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KETELADANAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA DAMAI SISWA (STUDI KASUS DI SMP PIRI 1 YOGYAKARTA))
1620410039_BAB I, IV, PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TIPOLOGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KETELADANAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA DAMAI SISWA (STUDI KASUS DI SMP PIRI 1 YOGYAKARTA))
1620410039_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang, pengaruh negatif dari arus global yang semakin membuat manusia kurang berkarakter. Hal ini dapat dilihat melalui banyaknya perilaku negatif oleh pelajar. Sebagaimana aksi klitih yang terjadi di Yogyakarta, yang mengakibatkan dua pelajar meninggal dalam kurun waktu dua tahun terahir (2016-2017). Berangkat dari masalah ini, perlu adanya analisis mendalam mengenai pembentukan karakter cinta damai siswa melalui keteladanan guru dan tipologi kepemimpinan kepala sekolah. Kepala sekolah dan guru berperan penting dalam mewujudkan suatu revolusi moral dan karakter cinta damai dalam dunia pendidikan. Berdasar alasan di atas, peneliti tertarik melakukan penelitian di SMP PIRI 1 Yogyakarta karena, pertama; lembaga pendidikan ini merupakan tempat dari satu Siswa meninggal akibat kasus “klitih” tanggal 12 maret 2017. Kedua; Usia SMP merupakan suatu periode penting dari rentang kehidupan, suatu periode transisional, masa perubahan, masa usia bermasalah, masa dimana individu mencari identitas diri, usia menyeramkan (dreaded), masa unrealism, dan ambang menuju kedewasaan. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini, pertama: untuk mengetahui tipologi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam proses pembentukan karakter cinta damai Siswa; kedua, untuk mengetahui keteladanan guru dalam membentuk karakter cinta damai Siswa; ketiga, untuk menganalisis terjadinya kasus “klitih” yang mengakibatkan Siswa SMP PIRI 1 Yogyakarta meninggal; keempat, untuk megetahui pembentukan karakter cinta damai Siswa SMP PIRI 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini kualitatif, dengan menggunakan pendekatan sosiologis pendidikan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Serta, penelitian ini menggunakan teknik analisis data flow model, yaitu: data reduction, data display, conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Kepala SMP PIRI 1 Yogyakarta menerapkan tipologi kepemimpinan demokratik dan paternalistik. Kedua, cara guru dalam membentuk karakter cinta damai siswa adalah dengan bentuk-bentuk keteladanan, seperti: membiasakan diri selalu disiplin, membiasakan menerapkan 5S (salam, senyum, sapa, sopan, dan segan), selalu bersikap sabar dan tidak gampang marah, serta membiasakan keteladanan dan bertutur kata baik. Ketiga, pembentukan karakter cinta damai siswa di SMP PIRI 1 Yogyakarta, dilakukan secara bersama-sama oleh masyarakat sekolah dengan metode eklektik. Kecenderungan yang muncul dalam pembentukan karakter cinta damai siswa yaitu dengan; hati nurani, rasa hormat, dan toleransi. Sedangkan cara lain untuk membentuk karakter cinta damai siswa adalah dengan; empati, kebaikan hati, dan keadilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sedya Santosa, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Tipologi Kepemimpinan, Keteladanan, Cinta Damai.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Kepemimpinan Dalam Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 20 Jul 2022 09:10
Last Modified: 20 Jul 2022 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52116

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum