IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING DALAM KURIKULUM 2013 (STUDI PENGEMBANGAN RANAH SIKAP PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS 8 SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)

Izmi Rafi Hamdini, NIM.: 1620410044 (2018) IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING DALAM KURIKULUM 2013 (STUDI PENGEMBANGAN RANAH SIKAP PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS 8 SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING DALAM KURIKULUM 2013 (STUDI PENGEMBANGAN RANAH SIKAP PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS 8 SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA))
1620410044_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING DALAM KURIKULUM 2013 (STUDI PENGEMBANGAN RANAH SIKAP PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS 8 SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA))
1620410044_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran discovery learning yang menjadi ciri khas mengajar oleh guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas 8 SMP Negeri 5 Yogyakarta dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Mengingat dalam implementasi kurikulum 2013, penekanan ranah sikap merupakan hal yang penting dalam membangun kompetensi siswa, melalui model pembelajaran discovery learning, dapat dikembangkan sikap spiritual dan sosial siswa yang mana menurut teori kognitif Brunner, merupakan model pembelajaran yang menekankan pada ranah pengetahuan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan problematika model pembelajaran discovery learning dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dan implikasinya terhadap pengembangan sikap siswa kelas 8 SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Subjek penelitian ini adalah guru pelajaran PAI dan budi pekerti kelas 8 dan siswa kelas 8 SMP Negeri 5 Yogyakarta baik laki-laki maupun perempuan yang memiliki karakteristik: berusia 13 -15 tahun, memiliki nilai sikap yang baik, sedang, dan rendah serta beragama Islam. Obyek penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran discovery learning dan ranah sikap siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, penilaian diri dan dokumentasi. Metode analisis data dengan menggunakan metode analisis induktif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Implementasi model pembelajaran discovery learning di SMP Negeri 5 Yogyakarta pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti adalah melalui prosedur stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi data, dan generalisasi. Implementasi discovery learning ini dikembangkan melalui pendekatan saintifik yaitu konsep 5M (mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, mengomunikasikan) dalam RPP yang terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS sesuai dengan peraturan pemerintah terbaru tahun 2017. (2) Problematika yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning adalah mengenai konsentrasi siswa dan kesiapan guru dalam memulai pembelajaran. (3) Implikasi model pembelajaran discovery learning terhadap pengembangan sikap spiritual siswa yaitu ketaatan beribadah yang semakin mantap, konsisten dalam berdoa sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, ukhuwah/persaudaraan yang semakin erat, tasamuh, dan pengendalian diri yang baik. Implikasi model pembelajaran discovery learning terhadap sikap sosial siswa yaitu meningkatnya sikap jujur, kepercayaan diri yang kuat, disiplin, kepedulian, dan tanggung jawab yang tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Kurikulum 2013, Pengembangan Ranah Sikap
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Jul 2022 09:23
Last Modified: 20 Jul 2022 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52118

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum