KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL DOSEN PENDIDIK BAHASA ARAB ALUMNI TIMUR TENGAH DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ARAB DAN STUDI ISLAM MA’HAD ALI BIN ABI THALIB YOGYAKARTA

Rahmawat, NIM.: 1620410048 (2018) KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL DOSEN PENDIDIK BAHASA ARAB ALUMNI TIMUR TENGAH DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ARAB DAN STUDI ISLAM MA’HAD ALI BIN ABI THALIB YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL DOSEN PENDIDIK BAHASA ARAB ALUMNI TIMUR TENGAH DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ARAB DAN STUDI ISLAM MA’HAD ALI BIN ABI THALIB YOGYAKARTA)
1620410048_BAB-I_V-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL DOSEN PENDIDIK BAHASA ARAB ALUMNI TIMUR TENGAH DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ARAB DAN STUDI ISLAM MA’HAD ALI BIN ABI THALIB YOGYAKARTA)
1620410048_BAB-II_sampai_V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah, bahwa salah satu unsur kompetensi dosen yang mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Lembaga Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam Ma’had Ali bin Abi Thalib Yogyakarta memiliki kriteria dosen yang mengajar harus lulusan dari Timur Tengah atau cabangnya di Indonesia yaitu LIPIA Jakarta. Sedangkan kriteria kesesuaian dengan bidang yang diajarkan tidak menjadi syarat yang harus dipenuhi. Para pendidik bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam Ma’had Ali bin Abi Thalib tidak memiliki spesifikasi lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Oleh karena itu dosen pendidik bahasa Arab belum tentu memiliki kompetensi pedagogik, namun secara umum dosen pendidik bahasa Arab memiliki kompetensi profesional dikarenakan merupakan lulusan Timur Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi serta respon peserta didik terhadap kompetensi pedagogik dan profesional dosen pendidik bahasa Arab alumni Timur Tengah dalam Pengajaran Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam Ma’had Ali Bin Abi Thalib Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisis dan menginterpretasikan data yang berupa faktafakta dari hasil penelitian. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dosen pendidik bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Bahasa Arab Ma’had Ali Bin Abi Thalib Yogyakarta telah memiliki kompetensi pedagogik yang meliputi kemampuan memahami peserta didik, kemampuan melaksanakan pembelajaran, kemampuan mengevaluasi pembelajaran dan kemampuan mengembangkan potensi peserta didik. Namun belum dapat merancang pembelajaran yang disebabkan karena sudah terdapat pada buku pedoman pembelajaran. Dosen pendidik bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Bahasa Arab Ma’had Ali Bin Abi Thalib Yogyakarta telah memiliki kompetensi profesional yang meliputi kemampuan dalam menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi namun tidak menguasai struktur dan metode keilmuan dikarenakan dosen tidak pernah melakukan penelitian yang berkaitan dengan pendidikan bahasa Arab. 2) peserta didik memberikan respon yang positif terhadap kompetensi pedagogik dan profesional dosen pendidik bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam Ma’had Ali Bin Abi Thalib Yogyakarta. Dosen melakukan pembelajaran dengan metode yang sesuai, hanya saja metode dan media yang digunakan monoton. Sedangkan pada penguasaan materi peserta didik dapat menerima dan memahami materi yang diberikan oleh dosen, dikarenakan dosen menguasai materi dan dapat menjelaskan dengan detail.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Radjasa, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Respon
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Jul 2022 09:28
Last Modified: 20 Jul 2022 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52120

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum