PENANAMAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 BRENGKOK SUSUKAN BANJARNEGARA

Isana Ulfah, NIM.: 1620410072 (2018) PENANAMAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 BRENGKOK SUSUKAN BANJARNEGARA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 BRENGKOK SUSUKAN BANJARNEGARA)
1620410072_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 BRENGKOK SUSUKAN BANJARNEGARA)
1620410072_BAB-II_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Peseta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tetapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini ingin mengungkap mengenai penanaman sikap spiritual dan sikap sosial dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam di SD Negeri 1 Brengkok, Susukan, Banjarnegara, mulai dari cakupan sikap spiritual dan sikap sosial yang ditanamkan, proses penanaman sikap spiritual dan sikap sosial, penilaian sikap spiritual dan sikap sosial, hasil penanaman sikap spiritual dan sikap sosial, problematika penanaman sikap spiritual dan sikap sosial, sampai dengan penanaman sikap spiritual dan sikap sosial yang ideal, sehingga dengan adanya penanaman sikap spiritual dan sikap sosial dapat mengambangkan sikap dan karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (qualitative research) dengan jenis penelitian lapangan (field study). Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data (reduction data), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pemeriksaan serta keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi data dan pengecekan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, cakupan sikap spiritual yang ditanamkan meliputi: ketaatan beribadah, berperilaku syukur, berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, dan toleransi dalam beribadah, sedangkan cakupan sikap sosial yang ditanamkan meliputi: disiplin, percaya diri, santun, tanggung jawab, jujur, dan peduli. Kedua, pola yang digunakan untuk menanamkan sikap adalah pembiasaan dan modelling dengan pendekatan klasikal dan individual serta multi metode diantaranya ceramah, diskusi, demonstrasi/eksperimen, tanya jawab, dan penugasan. Ketiga, penilaian sikap dilakukan dengan cara mengamati peserta didik dan mencatat sikap menonjol positif dan menonjol negatif pada jurnal harian kemudian dimasukkan pada daftar nilai semester. Keempat, hasil penanaman sikap dapat dilihat pada daftar nilai sikap berdasarkan jurnal harian dan tercermin pada sikap dan perilaku peserta didik antara lain, berperilaku syukur, berdo’a sebelum dan sesudah berkegiatan, toleransi, disiplin, percaya diri, santun, tanggung jawab, jujur, dan peduli. Kelima, problematika yang dihadapi adalah masih adanya peserta didik yang nakal, mencontek, ramai di kelas, dan tidak berkonsentrasi dalam proses pembelajaran. Keenam, penanaman sikap yang ideal dapat dilakukan dengan membuat kesan pertama yang menyenangkan, memahami dan mengembangkan pribadi peserta didik, mempengaruhi peserta didik, membangun komunikasi yang efektif, hadiah dan hukuman yang efektif, mengembangkan rasa percaya diri, menciptakan lingkungan yang kondusif dan memanfaatkan kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Jul 2022 10:54
Last Modified: 20 Jul 2022 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52124

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum