PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF DOUGLAS BROWN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB (STUDI KUASI EKSPERIMEN DI KELAS XI JURUSAN MIA MAN 1 OKU)

Nurhafni Andriana, NIM.: 1620410073 (2018) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF DOUGLAS BROWN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB (STUDI KUASI EKSPERIMEN DI KELAS XI JURUSAN MIA MAN 1 OKU). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF DOUGLAS BROWN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB (STUDI KUASI EKSPERIMEN DI KELAS XI JURUSAN MIA MAN 1 OKU))
1620410073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF DOUGLAS BROWN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB (STUDI KUASI EKSPERIMEN DI KELAS XI JURUSAN MIA MAN 1 OKU))
1620410073_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Ogan Komering Ulu tidak mencerminkan pemerolehan bahasa pada siswa dan keterampilan bahasa Arab siswa di MAN 1 Ogan Komering Ulu tergolong rendah. Sedangkan pembelajaran bahasa kedua idealnya merupakan pembelajaran yang menitik beratkan pada pemerolehan bahasa di kelas. Oleh karena itu peneliti menerapkan pembelajaran bahasa Arab dengan prinsip pembelajran bahasa Douglas Brown. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep pembelajaran bahasa Douglas Brown dan penerapannya di kelas XI MIA MAN 1 Ogan Koering Ulu untuk meningkatkan kemahiran berbahasa Arab siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen semu (quai experiment). Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, angket, dokumentasi dan tes. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik uji t-test dengan menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian ini diantaranya: a) pembelajaran bahasa menurut Douglas Brown meliputi tiga prinsip yaitu prinsip kognitif yang meliputi otamasi, pembelajaran yang bermakna, penghargaan bagi siswa, motivasi siswa dan metode; prinsip sosio-afektif yang meliputi ego bahasa, kepercayaan diri siswa, pengambilan resiko, dan konteks budaya; prinsip linguistik yang meliputi kontrastif, interferensi dan kompetensi komunikatif. b) terdapat perbedaan pembelajran keterampilan bahasa menggunakan prinsip pembelajaran bahsa Douglas Brown di kelas eksperimen dengan pembelajaran di kelas kontorol dengan pendekatan konvensional. Pada kelas eksperimen keterampilan bahasa Arab tergolong baik, sedangkan pada kelas eksperimen tergolong cukup. c) terdapat pengaruh keterampilan bahasa Arab siswa dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI MIA MAN 1 OKU.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Keterampilan Bahasa Arab, Douglas Brown
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Jul 2022 10:57
Last Modified: 20 Jul 2022 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum