METODE PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ABDULLAH NASIH ULWAN DAN RELEVANSINYA DALAM PAI (STUDI DI SMP PEMBANGUNAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)

Muhammad Ridwan, NIM.: 1620410078 (2018) METODE PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ABDULLAH NASIH ULWAN DAN RELEVANSINYA DALAM PAI (STUDI DI SMP PEMBANGUNAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ABDULLAH NASIH ULWAN DAN RELEVANSINYA DALAM PAI (STUDI DI SMP PEMBANGUNAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA))
1620410078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ABDULLAH NASIH ULWAN DAN RELEVANSINYA DALAM PAI (STUDI DI SMP PEMBANGUNAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA))
1620410078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan dasar manusia yaitu berupa pendidikan serta pentingnya pendidikan tersebut. Dalam pendidikan tentu adanya faktor lingkungan mempengaruhi terhadap individu disini adalah anak. Dalam mendidik anak, pendidik, baik itu orang tua atau guru mempunyai cara dan metode-metode pendidikan. Disini Islam menawarkan berbagai metode-metode pendidikan Islam meski ada yang belum maksimal hasilnya. Pendidik janganlah hanya merasa lega karena telah menunaikan tugas mendidik kepada anak dengan metode pndidikan tertentu, namun pendidik dituntut untuk terus mendidik anak serta berinovasi dalam menciptakan metode-metode pendidikan yang baru sehingga hasil yang akan diperoleh lebih baik dari yang sebelumnya. Oleh karena itu perlu adanya kajian tentang metode pendidikan Islam salah satunya dari pakar pendidikan anak, yaitu Abdullah Nashih Ulwan yang mana agar tujuan pendidikan tercapai. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui metode pendidikan Islam menurut Abdullah Nashih Ulwan dan bagaimana relevansinya dalam PAI di SMP Pembangunan Piyungan Bantul. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dan serta dengan adanya dokumentasi-dokumentasi literatur yang relevan. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara di SMP Pembangunan Piyungan. Analisis datanya berupa dengan menganalisis dari data yang dikumpulkan dan dengan triangulasi data sehingga memperoleh data analisis yang sesuai dan yang diinginkan. Hasil dari penelitian ini adalah metode pendidikan yang ditawarkan Abdullah nashih Ulwan ada lima, yaitu: a) metode keteladanan; b) metode pembiasaan; c) metode nasihat; d) metode perhatian dan e) metode hukuman. Adapun relevansinya dengan PAI di SMP Pembangunan Piyungan adalah 1) dengan metode keteladanan, guru memberikan contoh-contoh baik itu secara perkataan atau perbuatan kepada siswa di aktivitas kesehariannya di sekolah, seperti sholat dhuha dan sholat berjamaah dhuhur; 2) dengan metode pembiasaan adalah guru di kelas saat belajar maupun di luar kelas membiasakan siswa agar selalu berperilaku terpuji, tertib dan teratur saat belajar PAI; 3) dengan nasihat, guru selalu berusaha memberikan nasihat-nasihatnya kepada seluruh siswa saat di kelas, agar siswa tidak menyimpang dan berperilaku buruk dan tidak akan mengulangi kesalahannya lagi; 4) dengan metode perhatian, guru akan selalun siapsiaga dan selalu memperhatikan muridnya di kelas, jika ia melakukan hal yang buruk saat pelajaran, maka anak didik akan diperhatikan dan selanjutnya akan dinasihati; dan 5) dengan metode hukuman, guru akan menindak dan memberi sanksi kepada siswa yang melanggar tata tertib, di sini hukuman yang diberikan lebih bersifat mendidik siswa agar ia mendapatkan pengetahuan dan hukuman yang diberikan guru bukan secara fisik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Abdullah Nasih Ulwan, Metode Pendidikan, Keteladanan, Perhatian, Nasihat, Pembiasaan, Hukuman
Subjects: Islam dan Pemikiran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Jul 2022 11:03
Last Modified: 20 Jul 2022 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52127

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum