PENGEMBANGAN ENTREPRENEURSHIP EDUCATION DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI DI SMA NEGERI 4 MATARAM, LOMBOK)

Nurlaila, NIM.: 1620410096 (2018) PENGEMBANGAN ENTREPRENEURSHIP EDUCATION DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI DI SMA NEGERI 4 MATARAM, LOMBOK). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENTREPRENEURSHIP EDUCATION DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI DI SMA NEGERI 4 MATARAM, LOMBOK))
1620410096_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENTREPRENEURSHIP EDUCATION DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI DI SMA NEGERI 4 MATARAM, LOMBOK))
1620410096_BAB-II_SAMAPAI-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidik mengemban peran penting dalam membangun sumber daya manusia yang kompetitif dan mampu bersaing dengan negara lain. Indonesia saat ini telah menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), oleh karena itu pendidikan harus mampu mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, peka dan kritis dalam menghadapi tantangan maupun perubahan-perubahan yang akan terjadi di dunia pendidikan mendatang.MEA sangat erat hubungannya dengan perkembangan pekeronomian di Indonesia, salah satunya bagaimana pemerintah dan masyarakat harus bekerjasama dalam bidang wirausaha untuk memajukan perekonomian negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Entrepreneurship educationyangdikembangkandi SMA Negeri 4 Mataram Lombok. (2) Program dan implementasi entrepreneurship education di SMA Negeri 4 Mataram Lombok. (3) Pengembangan entrepreneurship education di SMA Negeri 4 Mataram Lombokyang ditinjau dari perspektif Manajemen Pendidikan Islam. Pendekatan dalam penelitian kualitatif ini adalah manajemen pendidikan. Metode pengumpulan data yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama,SMA Negeri 4 Mataram Lombok merupakan sekolah yang dipilih sebagai sekolah percontohan atau model kewirausahaan di kota Mataram, Wirausaha adalah menjadi solusi dari masalah-masalah banyaknya pengangguran di Indonesia, SDM yang masih kurang mampu bersaing, rendahnya perilaku dan jiwa wirausaha, dan sebagainya. Siswa sebagai calon wirausahawan akan disiapkan supaya mampu menggambarkan rencana usaha apa yang akan di jalankan kedepannya. Kedua, sekolah ini memiliki beberapa program dan implementasinya dalam pendidikan kewirausahaan;Usaha pengolahan makanan khas asli daerah, membuat berbagai olahan makanan ringan, membuat kerajinan dari barang bekas, membuat kerajinan cukli, memasarkan dagangan, pembentukan Self Motivation Ability. Ketiga, belajar pendidikan kewirausahaan tentunya sudah banyak menarik minat siswa untuk mau mencoba berwirausaha. Pengembangan pendidikan kewirausahaan yang dilakukan di SMA Negeri 4 Mataram Lombok yaitu bagaimana untuk mulai dari menarik minat siswa agar berani terjun berwirausaha secara langsung, dari beberapa program pengembangan kewirausahaan yang telah dijalani, Peneliti menilai belum sepenuhnya tertata dengan baik untuk pengembangan manajemen pada programnya, sepertinya harus melakukan perbaikan untuk kedepannya sesuai dengan fungsi manajemen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembanga, Entrepreneurship Education, Manajemen Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Jul 2022 11:18
Last Modified: 20 Jul 2022 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52133

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum